MENU
icon label
image label
blacklogo

Gempa Jepang Tak Berpengaruh Besar Terhadap Mazda

MAR 14, 2011@11:02 WIB | 269 Views

Sebuah gempa bumi besar yang melanda Jepang pada hari Jumat kemarin (11/3) pukul 14:46 waktu setempat yang diikuti oleh gelombang Tsunami menyebabkan kerusakan yang sangat signifikan. "Gempa bumi telah menyebabkan kerusakan besar di daerah yang luas di Jepang utara," Ungkap Menteri Naoto Kan. Akibat gempa besar yang dikabarkan getarannya sampai ke Cina ini memaksa beberapa perusahaan mobil asal Jepang berhenti berproduksi namun ada satu yang tidak terpengaruh sama sekali yakni perusahaan mobil Mazda.

Kantor pusat Mazda dan pabrik perakitan yang terletak di Hiroshima berjarak sekitar 1.000 km sebelah Selatan dan wilayah barat yang terkena dampak, meski gempa terasa juga disana tetapi pihak Mazda mengakui tidak ada kerusakan dan dipastikan tidak ada pekerja yang terluka. Walaupun tak ada kerusakan di kantor pusat, pihak Mazda tetap berspekulasi akan ada beberapa dealer di utara Tokyo yang mengalami kerusakan.

Selain Mazda, perusahaan mobil Jepang lain yang terkena dampak gempa yakni Toyota, Honda, Nissan, Subaru dan lain-lain. Gempa yang terjadi kemarin tercatat sebagai bencana alam terburuk dari yang pernah terjadi pada tahun 1923 di Kantor berkekuatan sekitar 8,3 SR, dan gempa berkekuatan 7.2 di kota Kobe pada tahun 1996 yang menewaskan 6.400 orang.[san/timBX]

Tags :

#
Mazda
#
Hirosima
#
Toyota
#
Honda
#
Nissan
#
Subaru
#
Gempa dan Tsunami Jepang