MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Rayakan Hari Jadi Ute Ke-80

MAR 10, 2014@10:00 WIB | 904 Views

80 tahun silam, cikal bakal kelahiran dari Ute, yang merupakan pelopor dari truck pick up modern berhasil ditemukan. Inilah yang menjadi cikal bakal kelahiran dari varian F-Series dan Ranger Series. Dengan penemuan tersebut, ini tidak hanya menjadi penemuan asal negeri kangguru tersebut saja, melainkan menjadi sebuah konsep yang kemudian diekspor keseluruh dunia. Ute merupakan bagian yang sangat penting dari warisan Ford yang kaya yang terlihat dari perkembangan model ikonik seperti F-Series.

Kisah mula pembuatan Ute ini merupakan kilas balik yang dialami oleh Hubert French pada tahun 1933, beliau adalah seorang Managing Director Ford Motor Company Australia yang menerima surat dari istri seorang petani. Singkat cerita, istri petani tersebut menginginkan sebuah kendaraan namun mereka berdua tidak sanggup untuk membelinya. Kendaraan tersebut ditujukan untuk keperluan keluarga petani tersebut beribadah dan mengangkut ternak kepasar. Melalui surat tersebut, Hubert French meneruskannya kepada seorang insinyur desain muda, Lewis (Lew) Bandt.

Lewis (Lew) Bandt yang merupakan disainer muda, sudah menunjukan bakat dibidang disain dan itu menjadikannya perancang yang cukup terkenal hingga dirinya pensiun pada tahun 1975. Interpretasi Bandt atas kendaraan utility berbasis mobil penumpang dianggap revolusioner di masa itu. Dengan berbekal kemampuan yang dimilikinya, Bandt memadukan bagian pick up kedalam body coupe yang lebih menyediakan profil lebih bersih dan serta meningkatkan kapasitas bagasi. Pada masa itu, coupe-utility Ford menggunakan mesin V8 dan perseneling tiga-percepatan manual sedangkan suspensinya adalah transverse leaf springs dengan peredam kejut  di bagian depan dan heavy duty semi-elliptic rear springs dan peredam kejut di bagian belakang.

Dan saat ini, berbekal kemampuan dari para pendahulunya tersebut, Ford Motor Company kini mendulang sebuah kesuksesan yang sangat berarti. Sebagai keberhasilan kiprah Ute pada jaman dahulu, pada tahun 2013 Ford telah berhasil menjual truck secara global dengan total lebih dari satu juta unit. Disamping keberhasilannya dalam nilai penjualan, untuk model F-Series juga berhasil membukukan predikat kendaraan terlaris dalam sejarah industri pick up dengan lebih dari 33 juta truck. F-Series, selain itu juga berhasil menyandang predikat truck terlaris di Amerika Serikat selama 37 tahun berturut turut. Model Ranger juga mendulang keberhasilan dengan menggondol penghargaan "International Pick Up Award 2013".

Pada pasar otomotif Vietnam, Ford juga menjadi kendaraan terlaris secara keseluruhan dengan jumlah peningkatan penjualan sebesar 43 persen. Ford Motor Company juga berhasil menjadikan Ranger melampaui penjualan enam bulan dari Toyota Hilux. [Har/timBX]

Tags :

#
Ford
#
F-Series
#
Ranger series
#
Ford F series
#
Ford ranger series
#
Ute
#
Ford Motor Company Australia
#
Hubert French
#
Lewis Bandt
#
International Pick Up Award 2013
#
Ford Motor Company
#
Toyota Hilux