MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford demonstrasikan teknologi Vehicle-to-Vehicle pertama di Asia Pasifik

JUN 03, 2014@18:00 WIB | 451 Views

Tak jauh dari area pameran Computex di 218-8 Lequn Third Road, Ford akan menampilkan teknologi komunikasi eksperimental vehicle-to-vehicle (V2V) dengan demonstrasi langsung di pusat kota Taipei selama Computex. Demonstrasi ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan Ford untuk Asia Pasifik. Demonstrasi akan menggunakan dua unit Ford Kuga yang telah dilengkapi secara khusus di dalam kondisi dimana teknologi V2V dapat berkontribusi untuk mencegah tabrakan. Teknologi V2V memiliki potensi untuk mengurangi kecelakaan, membantu mengurangi kepadatan lalu lintas dan berkontribusi terhadap  pola berkendara yang lebih efisien.

“Ford memegang peran terdepan dalam mengembangkan teknologi komunikasi kendaraan jenis ini, memasuki penelitian besar yang bermitra dengan pemerintah, universitas dan kelompok industri di AS dan Eropa,” kata Trevor Worthington, vice president, Product Development, Ford Asia Pasifik. “Kami senang karena mendapatkan kesempatan untuk memamerkan progress kami untuk pertama kalinya di Asia Pasifik.”

Teknologi V2V Ford memanfaatkan sistem Wi-fi berbasis radio yang memungkinkan mobil untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Sistem ini memungkinkan mobil untuk mendeteksi dan memberi peringatan untuk pengendara jika ada potensi situasi berbahaya yang mungkin tidak terlihat oleh pengendara. Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk mengirimkan informasi tentang kecepatan, posisi dan data kendaraan ke kendaraan yang ada didekatnya. Mobil dengan  teknologi ini dapat menginterpretasi data tersebut dan menentukan jika ada resiko benturan berdasarkan pada jalur yang telah diprediksi.

Sementara teknologi berbasis radar yang tersedia dapat mendeteksi mobil yang berada di area blind sport, teknologi V2V memungkinkan mobil untuk mendeteksi kendaraan-kendaraan yang melaju dengan cepat sebelum mereka memasuki area blind spot. Pengendara dapat diperingati jika ada kendaraan yang mendekat dengan kecepatan tinggi, memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang tepat dan aman.

Tanpa teknologi V2V, pengendara harus bergantung pada apa yang mereka lihat pada saat membuat keputusan. Dengan komunikasi V2V, pengendara dapat menerima peringatan jika ada kendaraan yang sebelummnya terhalang oleh suatu objek atau keadaan seperti persimpangan, diikuti kendaraan berukuran besar atau ketika melewati tikungan yang tajam.

Demonstrasi V2V Ford di Taiwan akan berlangsung mulai 3 hingga 6 Juni di tempat parkir Miramar, yang berlokasi di 218-8 Lequn Third Road, di distrik Zhongshan pusat kota Taipei. Computex akan dilangsungkan di TWTC Nangang Exhibition Hall di Taipei mulai 3 hingga 7 Juni 2014.[San/timBX]

Tags :

#
teknologi Vehicle-to-Vehicle
#
Ford
#
Ford Asia Pasifik
#
Computex 2014