MENU
icon label
image label
blacklogo

Energica Eva, Naked Bike Bermesin Elektrik

NOV 06, 2014@09:00 WIB | 955 Views

Ketika melihat Energica Eva, mungkin akan mengira ini merupakan model modifikasi dari naked bike yang akan dipasarkan di Eropa. Bisa dipahami mengingat nama Energica belum begitu familiar. Padahal Energica Eva merupakan motor sport bertenaga monster yang menggunakan mesin listrik.

Energica Eva tak lain adalah versi naked bike dari Energica Ego, sebuah motor sport yang 100% digerakkan oleh motor listrik dan telah diperkenalkan pertengahan 2014. CRP Group merupakan pembuat Energica Ego dan Energica Eva, yang berusaha menggabungkan antara teknologi motor listrik pada sebuah sport bike. Perusahaan yang berpusat di Modena, Italia itu, selama ini telah menjalani joint venture untuk mendesain dan proses enginneer mulai dari mesin mobil-mobil formula satu (F1), mobil balap LeMans, hingga bodi pesawat terbang.

"Kami percaya masa depan sepeda motor akan beralih ke mesin elektrik, baik untuk balap maupun pemakaian di jalan raya. Dan kami merupakan yang terbaik dibidang ini," ucap CEO Energica Motor Company Livia Cevolini.

Balik lagi soal Energica Eva, motor yang masih berbentuk prototype itu berbagi platform dan mesin dengan Energica Ego. Bedanya jika Ego hadir dengan model full fairing, maka Eva tampil "telanjang". Motor listrik yang digunakan tetap sama dan mengusung teknologi Permanent Magnet AC (PMAC), dan berpendingin liquid. Meski tidak ada mesin konvensional yang digunakan, jangan anggap remeh Energica Eva, kalau punya nyali, motor ini sanggup digeber 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik. Namun kecepatan maksimumnya dibatasi pada 240 km/jam.

Baterai listrik yang digunakan pada Energica Eva juga diklaim bandel. Dalam sekali pengisian dari kondisi penuh hingga kosong, motor sanggup digunakan hingga sejauh 192 km. Apabila baterai kehabisan daya, maka bisa diisi ulang dengan sangat cepat. Untuk mengisi baterai hingga kondisi 85%, cuma dibutuhkan waktu 30 menit. Hal ini membuat para penggunanya tidak perlu membuang terlalu banyak waktu sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan. [Pra/timBX]

Tags :

#
Energica Eva
#
Naked Bike
#
Naked Bike Energica Eva
#
CRP Group