MENU
icon label
image label
blacklogo

Dunlop Pamer Ban Cerdas di Geneva

MAR 06, 2014@16:50 WIB | 443 Views

Perusahaan ban Goodyear Dunlop turut unjuk gigi dalam ajang Geneva Motor Show 2014, pada kesempatan ini Dunlop memamerkan ban konsep terbaru yang dapat berkomunikasi dengan sistem komputer di mobil. Ban ini dirancang menggunakan karet baru dan didalamnya tertanam sebuah microchip, microchip ini lah yang nantinya berfungsi sebagai pemberi informasi ke perangkat komputer mengenai tekanan ban, suhu dan identitas ban.

Mendapat informasi dari ban, maka sistem komputer secara otomatis memperbaiki algoritma kontrol longitudinal dan lateral kendaraan, untuk meningkatkan atau tetap menjaga performa kendaraan. Perbaikan meliputi jarak berhenti berkurang ketiga menggunakan ABS, meningkatkan respon menikung, dan kestabilan sistem kendali, semua didasarkan pada data dari ban.

Dengan hadirnya konsep ternologi baru berupa chip yang tertanam di ban bukan di velg, ini berarti informasi mengenai ban bisa tersimpan di dalam chip. Penempatan chip di dalam ban diyakini tidak akan merusak chip pada saat pemasangan ban. Konsep ban cerdas ini masih dalam pengembangan, sampai saat ini pihak Dunlop belum memiliki rencana untuk meluncurkan dan melemparnya kepasaran.[san/timBX]

Tags :

#
Geneva Motor Show 2014
#
Goodyear Dunlop
#
Dunlop
#
ABS