MENU
icon label
image label
blacklogo

Ducati tunda tes resmi Desmosedici GP 15

AUG 19, 2014@08:00 WIB | 1,067 Views

Penampilan motor Ducati dengan kode Desmosedici GP15 yang diperuntukkan untuk balapan MotoGP musim 2015 sangat dinantikan oleh para penggemar motor berkelir dominan merah tersebut. Sang arsitek baru Gigi Dall'lgna dipercayai mampu membangkitkan masa kejayaan pabrikan motor asal Italia tersebut. Menurut laporan yang diterima dari Speedweek, rupanya sang arsitek memutuskan untuk menunda waktu pengetesan motor yang sejatinya dilakukan pada bulan Februari tahun depan. "Hal ini lebih masuk akal untuk mengetes motor pada bulan Februari di Sepang," kata Gigi. "kami ingin pekerjaan kami selesai dalam satu kali pengerjaan, jadi ketika kami keluar, kami mendapati semua yang dibutuhkan motor telah terpasang dengan benar," ungkap Gigi.

Sesi tes resmi pertama dari GP 15 prototipe awalnya dijadwalkan saat para pebalap menjalani sesi tes resmi dari pihak MotoGP di Valencia bulan November. Namun pabrikan Ducati telah menguji fairing jenis baru di Indianapolis, fairing baru tersebut didesain lebih ramping sehingga diharapkan membuat motor lebih aerodinamis, sementara menyesuaikan diri dengan bentuk fairing yang lebih ringkas maka mesin Desmosedici baru akan memiliki dimensi V4 yang lebih kecil dengan derajat kemiringan 90 derajat yang sedang dikembangkan oleh pihak pabrikan Ducati saat ini.

Di MotoGP Indianapolis, Ducati menyertakan mesin versi terbarunya, dan hal inilah yang membuat Andrea Iannone mampu mencapai kecepatan 360 km/jam atau (224 mph) di Mugello pada awal musim panas kemarin. Namun, untuk musim balap 2015 kondisi mesin akan lebih baik dari sekarang, ubahan terbesar datang dari departemen sasis motor. Ini adalah merupakan misi dari Dall'lgna untuk membuat performa motor Desmosedici lebih baik dimusim balap tahun 2015.

Ini bukanlah rahasia umum lagi pebalap MotoGP yang menggunakan motor Ducati harus menerima kenyataan bahwa mereka harus berjuang melawan understeering pada motornya. Understeering tersebut yang membuat Ducati susah bersaing apabila mendapati sirkuit yang berkelok-kelok. Meskipun masih malu untuk mengakuinya, kemajuan yang berhasil diraih oleh motor baru Ducati akan segera kita lihat di Sepang bulan Februari yang akan datang. Hasil positif dari ubahan yang dilakukan Gigi dan timnya adalah hal yang patut ditunggu penggemar balap MotoGP dan juga penggemar motor Ducati.[dw/timBX]

Tags :

#
Ducati Desmosedici GP15
#
Desmosedici GP15
#
MotoGP 2015
#
MotoGP 2014
#
Ducati
#
Gigi Dalllgna
#
Andrea Iannone