MENU
icon label
image label
blacklogo

Banyak Remaja Tewas Karena Mengemudi Mobil Tua

JAN 03, 2015@18:00 WIB | 722 Views

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan jika banyak remaja yang tewas dalam kecelakaan mobil akibat mengendarai mobil tua. Minim fitur keselamatan aktif pada mobil yang sudah berumur lebih dari 10 tahun tersebut menjadi penyebabnya.

Jika Anda memiliki putra atau putri yang baru saja mampu mengendarai sendiri dan telah memiliki SIM, sebaiknya jangan berikan mobil-mobil tua. Setidaknya itulah yang diungkapkan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

IIHS belum lama ini berhasil melakukan studi yang mengungkapkan jika kebanyakan remaja di Amerika Serikat (AS) tewas dalam kecelakaan akibat mengendarai mobil tua. Penyebabnya, mobil-mobil lawas itu kebanyakan tidak dilengkapi perangkat keselamatan aktif yang lengkap.

Dalam studi itu juga disebutkan jika remaja yang baru bisa mengendarai mobil dan diberi kendaraan pribadi oleh orang tuanya, cenderung mengasah keterampilan mereka dengan mobil tersebut. Hal ini mengundang resiko kematian di jalan 3x lebih besar dibanding orang-orang dewasa yang sudah bertahun-tahun mampu mengemudi.

Penelitian diambil dari laporan kecelakaan pemerintah AS dengan membandingkan mobil yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan 49% dari remaja kehilangan nyawa karena mengendarai mobil yang usianya lebih dari 11 tahun. [Pra/timBX]

Tags :

#
Insurance Institute for Highway Safety
#
IIHS
#
Mobil Tua
#
Old Car