MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi R18 Jagoan Terbaru Audi Di Le Mans

DEC 14, 2010@09:22 WIB | 428 Views

Audi baru saja melepaskan mobil balap LMP1 terbaru yaitu R18. Ini dilakukan setelah mereka menang pada ajang Le Mans 24 Hour sebanyak sembilan kali sejak 1999 dengan R8, R10 TDI, R15 TDI. Pembuatan mobil yang berbasis Ingolstadt yang bertujuan untuk kembali mendapatkan tempat teratas diajang balap yang diikuti mobil ini dan tentunya coupe ini tertutup lagi. " Di masa depan, efisiensi aerodinamika akan menjadi lebih penting di Le Mans dari pada di masa lalu," kata Kepala Audi Motorsport, Dr. Wolfgang Ullrich.

"Dalam hal ini sebuah mobil yang tertutup akan memiliki kelebihan yang jelas. Simulasi komputer kami telah mengkonfirmasi hasil yang meyakinkan," lanjut Ullrich. R18 tidak seperti pendahulunya yang memiliki mesin diesel V10 5.5 liter. Untuk R18 dibuat dengan mesin yang lebih kecil yaitu V6 3.7 liter TDI yang dikawinkan dengan sistem transmisi 6-speed yang telah dimodifikasi. Bodi R18 terbuat dari satu potong fiber carbon monocoque, dengan tujuan menyimpan dan meningkatkan kekakuan berat badan.

Audi mengatakan bahwa sasis dan aerodinamika dikembangkan dengan banyak teknik yang dipinjam dari model R sebelumnya. Bagian yang menarik perhatian adalah lampu dari R18 tersebut. Yang dibuat dengan optimal menggunakan teknologi LED, hasil desain dari sentuhan desainer pribadi Audi yang ringan. Dengan bentuk lampu daytime running lights yang menyerupai angka 1, semakin menambah keunikan dari R18.

Audi R18 ini sebetulnya telah diberi lampu hijau pada pertengahan 2009, sedangkan pengujian mesin dimulai pada musim panas 2010. Lalu uji laga pertama terjadi pada akhir November dengan Allan McNish sebagai pawangnya. Dengan berbasis pembuat Ingolstadt berencana untuk memasuki tiga mobil tahun depan di Le Mans yang akan dijalankan oleh Audi Sport Team Joest.[jri/timBX]

Tags :

#
Audi
#
LMP1
#
R18
#
R8
#
R10 TDI
#
R15 TDI