MENU
icon label
image label
blacklogo

10 pebalap MotoGP dengan penghasilan terbesar

JUL 11, 2014@09:00 WIB | 1,725 Views

Hampir semua cabang olahraga balap beresiko tinggi. Diantara semua olahraga motorsport, cabang olahraga balap motor Grand Prix atau yang lebih dikenal MotoGP merupakan balapan yang paling mengundang antusiasme karena kerap membuat adrenalin meninggi. Karena resiko yang besar, tidak berlebihan jika para pebalap MotoGP merupakan atlit dengan bayaran gaji fantastis.

Semua pebalap professional pasti akrab dengan patah tulang dan menjalani tindakan operasi sudah menjdai bagian dari kehidupan mereka, mungkin seseorang akan bertanya pada dirinya sendiri berapa bayaran mereka untuk melakukan semua performa berbahaya tersebut. Menurut The Richest para pebalap MotoGP yang akan memasuki masa istirahat paruh musim setelah seri Jerman akhir pekan ini. Media tersebut lantas merilis daftar 10 besar pebalap MotoGP berpenghasilan terbesar.

10. Colin Edwards

Dimulai dari Colin Edwards, pebalap paling tua diajang balap motor paling bergengsi didunia ini memiliki penghasilan yang cukup tinggi sehingga berhak menempati urutan kesepuluh pebalap MotoGP berpenghasilan terbesar menurut The Richest. Pebalap kelahiran Texas ini mengantongi bayaran sebesar $950,000 atau sekitar 10 milliar pertahun. Musim balap 2014 ini pebalap dari tim NGM Forward Racing Yamaha telah memutuskan untuk pensiun dari ajang balap MotoGP.

Colin Edwards (kiri) & Andrea Dovizioso (kanan)9. Andrea Dovizioso

Pebalap asal Italia Andrea Dovizioso juga termasuk pebalap MotoGP yang berpenghasilan tinggi, rider tim Pabrikan Ducati tersebut berhak mengantongi uang sebesar $ 1.000.000 setiap tahunnya atau sekitar 11 Milliar rupiah. Angka tersebut terbilang rendah jika saja menilik dari performanya bersama motor Desmosedici GP14 tahun ini, akan tetapi kontrak milik sang pebalap tersebut akan habis pada akhir musim balap 2014, beredar kabar kalau petinggi Ducati bersedia untuk memiliki Dovi untuk beberapa tahun lagi bersama tim yang dominan warna merah itu.

8. Cal Crutchlow

Kompatriot Dovizioso di tim Ducati, Cal Crutchlow menerima bayaran lebih banyak dari rekan satu timnya tersebut pada tiap tahunnya. Cal mengantongi uang sebesar $ 1.200.000 atau jika dalam rupiah menjadi 13 milliar rupiah, gaji besar yang diterima pebalap kelahiran Inggris tersebut belum menghasilkan prestasi apapun musim ini, catatan impresifnya pada musim 2012 tatkala masih menjadi pebalap Yamaha Tech 3 tidak terulang saat ia membela Ducati.

Cal Crutchlow (kiri) & Alvaro Bautista (kanan)7. Alvaro Bautista

Mengawali karir sebagai pebalap kelas 125cc Alvaro Bautista kini tergabung dalam tim GO&FUN Honda Gresini, pemuda berumur 29 tahun ini mendapat bayaran $1.400.000 atau sekitar 16 Milliar rupiah setiap tahunnya. Pebalap yang acapkali digunakan pabrikan Suzuki sebagai pebalap testernya masih ragu akan masa depannya di balap 2015, apakah tetap bersama timnya kali ini atau hijrah ke pabrikan Suzuki.

6. Stefan Bradl

Pebalap yang pada kesempatan sebelumnya dikabarkan akan turun kelas ke Moto 2 guna mendapatkan kemenangan ini masuk dalam daftar yang dirilis The Richest sebagai pebalap penerima bayaran tertinggi urutan keenam. Pebalap LCR Honda ini menerima $ 1.700.000 atau sekitar 19 Milliar rupiah pertahunnya. sama dengan kebanyakan pebalap lainnya, Pebalap asal Jerman ini belum mempunyai masa depan yang jelas.

Stefan Bradl (krii) & Nicky Hayden (kanan)5. Nicky Hayden

Mantan juara dunia MotoGP tahun 2006 yang kini membela panji M7 Aspar Honda Nicky Hayden rela meninggalkan tim Ducati guna mendapatkan bayaran selangit. The Kentucky Kid julukan Hayden kini menerima bayaran $ 4 juta Dollar Amerika atau sekitar 45 Milliar rupiah, pebalap Honda satelit asal negeri Paman Sam ini adalah pebalap penghuni papan tengah MotoGP, hal ini berbanding terbalik antara bayaran dengan minimnya prestasi yang ditorehnya.

4. Marc Marquez

Juara dunia termuda sepanjang sejarah balap MotoGP ini tidak menempati puncak penerima bayaran tertinggi, tidak seperti performa yang telah ditunjukkan The Baby Alien musim ini. Pebalap tim Repsol Honda ini mengantungi nilai yang sama denga Hayden yakni sebesar 4 juta Dollar Amerika atau 45 Milliar rupiah. MM93 sebutan bagi si pebalap kelahiran Barcelona, Spanyol ini telah memenangkan delapan balapan dari delapan seri balapan yang telah digelar.

Marc Marquez (kiri) & Dani Pedrosa (kanan)3. Dani Pedrosa

Menurut data yang didapatkan pihak The Richest dari akuntan pribadi Dani Pedrosa, kompatriot Marquez tersebut mendapat bayaran yang sama yakni 4 juta Dollar atau sekitar 45 Milliar rupiah setiap tahun. Meskipun belum lama ini beredar kabar kalau pebalap Repsol Honda tersebut berniat pindah ke Suzuki dengan bayaran 8 juta Dollar Amerika permusim. Namun Davide Brivio sebagai kepala tim Suzuki tidak menyanggupi kemauan sang pebalap, dan kemarin akhirnya resmi sudah jikalau Pedrosa menambah durasi kontraknya bersama Honda.

2. Jorge Lorenzo

Mantan juara dunia dua kali bersama Yamaha, Jorge Lorenzo, mungkin telah membuat orang tuanya bangga dengan memiliki penghasilan sebesar 7,2 Juta Dollar Amerika untuk musim balap 2014. Sebagai pebalap papan atas, Lorenzo memiliki sejumlah kontrak dengan perusahaan-perusahaan yang mensponsori dirinya sebesar 2 juta Dollar Amerika pertahunnya. Bicara masa depan, nasib Lorenzo juga masih belum jelas seperti pebalap lainnya. Kontraknya dengan Yamaha akan segera habis dipenghujung musim balap 2014, rumor yang beredar saat ini negosiasi masih berlangsung antara kedua belah pihak.

Jorge Lorenzo (kiri) & Valentino Rossi (kanan)1. Valentino Rossi

Legenda hidup dari Italia Valentino Rossi didapuk sebagai pebalap paling kaya karena menerima bayaran terbesar dari semua pebalap MotoGP. The Doctor tercatat menerima bayaran sebesar  35 juta Dollar pada tahun 2007, akan tetapi seiring perjalanan karirnya yang sempat jatuh bersama Ducati, kini nilai kontraknya dengan pabrikan Yamaha disebutkan senilai 12 juta Dollar, tidak cukup sampai disana, pemasukan Rossi yang didapat dari pihak sponsor yakni sebesar 10 juta Dollar menjadikan dirinya sebagai pebalap dengan bayaran tertinggi dan juga Rossi satu-satunya pebalap motor yang masuk dalam hitungan Forbes sebagai pelaku balap yang dibayar paling mahal diantar pelaku balap dicabang apapun. Baru-baru ini Rossi mendapat kontrak baru dari pihak Yamaha dengan durasi dua tahun, nilai kontrak kerjasama antara kedua belah pihak tersebut diyakini tidak akan turun dari jumlah sebelumnya mengingat prestasi yang telah ditorehkan Rossi selama hampir semusim belakangan.[dw/timBX]

Tags :

#
10 Pebalap MotoGP berpeghasilan terbesar
#
MotoGP 2014
#
MotoGP
#
Valentino Rossi
#
Jorge Lorenzo
#
Dani Pedrosa
#
Marc Marquez
#
Nicky Hayden
#
Stefan Bradl
#
Alvaro Bautista
#
Cal Crutchlow
#
Andrea Dovizioso
#
Colin Edwards