MENU
icon label
image label
blacklogo

Nokia Capai Usia 150 Tahun, Berikut Pencapaiannya

MAY 14, 2015@12:00 WIB | 964 Views

12 Mei lalu Nokia genap berusia 150 tahun. Nokia pun menjadi perusahaan yang sangat melegenda. Akan tetapi perusahaan yang berdiri sejak 1865 itu memiliki kisah panjang. Awalnya dari perusahaan penggiling kayu untuk bahan kertas, Nokia menjadi raksasa teknologi komunikasi di tahun 1990-an. Berikut ini pencapaian Nokia selama ini.

Asal Nama Nokia

Tahun 1868, setahun setelah berdiri, sang pendiri, Fredrik Idestam mendirikan penggilingan kedua di sisi sungai Nokianvirta dekat kota Nokia. Dari nama sungai dan kota inilah nama Nokia berasal.

Setelah PD II-1967

Setelah perang dunia kedua, Nokia melakukan investasi paling krusial dalam sejarahnya. Nokia mengakuisisi Finnish Cable Works Ltd. Sebelumnya Nokia juga berinvestasi ke pabrik karet, Finnish Rubber Works Ltd. Di tahun 1967 Nokia, Finnish Rubber Works Ltd, dan Finnish Cable Works Ltd. merger menjadi satu perusahaan menjadi Nokia Group.

1968-1982

Pada 1968, Noka mulai serius memasuki bidang mobile communication. Butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu kehadiran jaringan seluler internasional pertama di dunia yakni, Nordic Mobile Telephone didirikan pada 1981. Di tahun 1982, setahun setelah jaringan seluler internasional berdiri, NOkia pun meluncurkan ponsel genggam pertamanya. Mobira Senator.

1991-2012

Jaringan GSM pertama diluncurkan pada tahun 1991. In i sekaligus menandai kebangkitan Nokia di industri komunikasi. Nokia pun meluncurkan ponsel GSM pertama yang diproduksi secara masal, Nokia 1011. Bisnis ponsel Nokia semakin berkibar di tahun 1990-an. Nokia menjadi raja bisnis perangkat komunikasi di masa itu hingga tahun 2012. Sepuluh tahun lebih Nokia menjadi pabrikan ponsel terbesar di dunia.

2011-2014

Kejayaan Nokia yang berlangsung selama 14 tahun ditikung Samsung. Arah permainan berubah, ponsel smartphone dengan platform Android dan iOS menjadi tren yang tak terbendung. Di tahun 2011 Nokia sempat mencobamelawan dengan mengadopsi Windows Phone, sayangnya usaha tersebut kandas di tahun 2014. Nokia terpaksa melego divisi ponselnya ke Microsoft dengan harga yang jauh lebih rendah daripada harga di masa jayanya dulu.

2015-Sekarang

Sang legenda resmi mundur dari industri yang dibesarkannya selama ini. Perusahaan ini kini mengurusi tiga unit bisnis yakni, bidang infrastruktur telekomunikasi, pemetaan, dan lisensi teknologi. Beberapa kali Nokia disebut akan melakukan "come back" di industri ini. Satu usaha telah dilakukan dalam bentuk tablet Nokia N1 yang berbasis Android. Sayang hingga kini, kepastian bahwa Nokia akan kembali bermain di industri ini belum diketahui sepenuhnya. Hanya Nokia sendiri yang bisa menjawabnya.[Lalu/timBX]

Tags :

#
Nokia
#
Nokia Connecting People
#
Nokia N1