MENU
icon label
image label
blacklogo

Hati-Hati, Trick Sederhana Ini Bisa Bobol Email

JUN 22, 2015@14:00 WIB | 3,254 Views

Apabila Anda lupa password email atau log in dari komputer baru, provider selalu mengirimkan kode verifikasi ke smartphone Anda untuk autentifikasi. Cara ini biasa dilakukan untuk mendapatkan akses ke dalam email Anda. Hanya saja, metode ini cukup rentan jika seseorang mengetahui nomor handphone dan alamat email Anda.

Modus operandinya seperti ini. Seseorang mencoba mengakses email Anda. Mengklik opsi 'forgot password' dan masuk ke metode kode verifikasi yang kodenya dikirimkan melalui sms. Sang pembobol lalu mengirimkan sms dengan interval waktu yang pas sebelum kode verifikasi tiba di smartphone Anda dan mengaku sebagai Google.

Pesan tersebut mengatakan bahwa, baru saja ada yang mencoba membobol email Anda dan kode verifikasi sudah dikirim ke nomor pribadi Anda. Jika sudah diterima, sang pembobol meminta kode verifikasi tersebut yang akan digunakannya untuk mengakses email Anda.

Symantec memproduksi video mengenai mekanisme pembobolan semacam ini untuk lebih jelasnya lagi. Pada intinya, modus kejahatan cyber ini cukup sederhana, seseorang cukup mengetahui alamat email dan nomor handphone Anda untuk menggiring Anda melakukan kesalahan. Hati-hati. [Lalu/timBX]

Tags :

#
Email
#
Symantec