MENU
icon label
image label
blacklogo

Ups, Facebook Tidak Sengaja Upload Kontak Pengguna ke Server?

APR 20, 2019@10:25 WIB | 239 Views

Blackpals, Facebook bukan saja menjadi bahan sehari-hari buat kalian menghilangkan suntuk, tetapi sudah menjadi santapan pencarian informasi yang kalian butuhkan. Tinggal daftar, dan Voila! Akun kamu sudah jadi, dan tinggal menambah daftar teman. Namun tahukah kalian, bahwa kontak teman kalian di Facebook, sebenarnya diimpor secara langsung ke server Facebook, dan tanpa ada izin sama sekali?

Dilansir dari Digital Trends, Facebook mengunggah email dari penggunanya dan juga kontak teman  sebanyak 1,5 juta kontak saat mendaftar Facebook. Pencurian kontak ini dikumpulkan sejak dua tahun terakhir. Meskipun Facebook mengatakan itu dilakukan secara tidak sengaja, alhasil saat ini diakui oleh perusahaan teknologi milik Mark Zuckerberg tersebut sedang menghapus seluruh  kontak yang ada di server-nya.

Berita tersebut mengatakan bahwa pencurian data ini sudah diketahui sejak awal bulan ini, dan ketahuan selama proses pendaftaran Facebook. Caranya, Facebook akan meminta calon pengguna untuk memverifikasi identitas dengan memasukkan kata sandi email. Jika dilakukan, sebuah pesan akan muncul di layar yang menunjukkan bahwa Facebook mengimpor daftar kontak tanpa meminta persetujuan sebelumnya dari pengguna.

Facebook belum mengatakan berapa banyak kontak yang diunggah. Kontak yang diunggah ke server Facebook tersebut akan menghubungkan pengguna ke kontak lainnya, yang dimiliki oleh teman Facebook kalian lainnya. Semisalnya begini; kamu punya kontak miss A, otomatis teman miss A akan direkomendasikan ke akun kamu untuk sebagai teman.

"Bulan lalu kami berhenti memberikan verifikasi kata sandi email sebagai opsi bagi orang memverifikasi akun mereka saat mendaftar Facebook pertama kali. Ketika kami melihat langkah-langkah yang dilakukan orang untuk memverifikasi akun mereka, kami menemukan bahwa dalam beberapa kasus kontak email orang juga secara tidak sengaja diunggah ke Facebook ketika mereka membuat akun mereka," kata juru bicara Facebook.

Facebook mengatakan pihaknya memperkirakan bahwa hingga 1,5 juta kontak email mungkin telah terunggah, namun Facebook bersikeras bahwa informasi mengenai kontak tersebut sangat dirahasiakan dan sekarang sedang dihapus.

“Kami telah memperbaiki masalah mendasar dan memberi tahu orang-orang yang kontaknya diimpor. Orang-orang juga dapat meninjau dan mengelola kontak yang mereka bagikan dengan Facebook di pengaturan mereka," lanjutnya.[prm/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
facebook,
#
pencurian data,
#
kontak,
#
upload kontak ke server,
#
email