MENU
icon label
image label
blacklogo

Peneliti AS Ciptakan Jubah Tembus Pandang Super Tipis

SEP 19, 2015@22:00 WIB | 807 Views

Pada film Harry Potter, kita ingat Harry kerap memakai jubah yang dapat membuat ia tidak dapat terlihat alias tembus pandang. Jika jubah ini terlihat besar dan tidak praktis, ilmuwan dari US Department of Energy Lawrence Berkeley National Laboratory dan University of California sedang mengembangkan sesuatu yang lebih canggih yakni jubah tembus pandang super tipis yang dapat digunakan untuk bahan pakaian.

Menurut Xiang Zhang, pimpinan Berkley National Lab divisi Materials Science "Ini adalah kali pertama obyek 3D dengan bentuk aneh dibuat tembus pandang, jubah super tipis kita saat ini dapat berfungsi layaknya jaket. Mudah didesain dan diterapkan sangat cocok untuk meyembunyikan obyek makro."

Berkat nano antena berbahan emas dan dibuat dengan teknologi pemandu gelombang cahaya yang akan menjadi tembus pandang saat diaktifkan. Jangan dulu senang mengingat teknologi ini masih dalam tahap pengembangan, yakni microskopik. Saat ini teknologi tembus pandang ini baru dapat sukses menyembunyikan obyek sebesar sel biologis. Namun peneliti meyakni bahwa teknologi tersebut dapat ditingkatkan ukurannya dengan mudah, sehingga dapat menyembunyikan benda yang lebih besar lagi.

Walaupun begitu, ini bukanlah jubah tembus pandang pertama yang ada, awal tahun teknologi tembus pandang baru juga sudah hadir dan berhasil sampai tahap meyembunyikan benda dengan diameter 1". Banyak kegunaan positif yang dapat dilakukan jubah ini, namun juga dapat dimanfaatkan untuk hal yang negatif. Mari kita berharap teknologi ini dapat membantu orang banyak nantinya. [leo/timBX]

 

Tags :

#
Harry Potter
#
University of California
#
US Department of Energy Lawrence Berkeley National Laboratory
#
Jubah Tembus Pandang Super Tipis

RELATED ARTICLE