MENU
icon label
image label
blacklogo

Lumia 1020, Perangkat Fotografi Ala Nokia

FEB 26, 2014@00:00 WIB | 5,511 Views

Bermodalkan pengalamannya di industri perangkat mobile, nampaknya memudahkan langkah Nokia untuk beradaptasi dengan kemajuan perangkat mobile saat ini. Setelah sukses dengan berbagai perangkat Symbian-nya beberapa tahun yang lalu, maka kini Nokia pun mulai berinovasi dengan lini Windows Phone andalannya. Meskipun telihat anti mainstream, namun langkah yang dipilih Nokia terbilang ampuh untuk menambah varian smartphone dipasaran. Bagaimana tidak, selain sukses menetaskan beberapa seri Lumia untuk kelas menengah, ternyata Nokia pun juga terbilang mampu untuk menetaskan salah satu smartphone hits, yang cukup mengundang decak kagum para pengamat smartphone dunia. Yup, dengan mengandalkan OS modern, desain ekslusif dan teknologi PureView yang dimilikinya, akhirnya Nokia pun berhasil mengemas sebuah perangkat mobile berkamera terbaik, dalam wujud Nokia Lumia 1020. Dan untuk mengetahui lebih lengkap seputar teknologi dan fitur di dalam seri Lumia eksklusif tersebut, maka kini tim Closer Look Gadget BX pun mencoba menjabarkannya kepada Anda melalui beberapa ulasan berikut ini :

DESAIN

Jika dilihat sekilas, Lumia 1020 terlihat sedikit mirip dengan pendahulunya, Lumia 920. Hanya saja, dari segi bobot, Lumia 1020 terbilang ringan. Sebab dibalik dimensinya yang cukup lebar, 130.4 x 71.4 x 10.4, ternyata Nokia mampu mengemasnya dengan bobot 158 gram saja.  Terlebih lagi, dari sisi kamera, sang desainer 1020 pun harus menambahkan sedikit casing khusus, untuk menonjolkan fitur kamera yang menjadi fitur utama di smartphone tersebut. Dengan mengandalkan konsep unibody, Lumia 1020 mampu tampil layaknya smartphone high-end eksklusif, dengan warnanya yang cukup mencolok. Di saat peluncurannya, Nokia memberikan tiga pilihan warna ekslusif, dengan warna kuning yang menjadi icon warna utamanya. Pemilihan bahan polycarbonate dibalik desainnya yang ergonomis, nampaknya suatu pemilihan material yang cukup baik, untuk menunjang kenyamanan Lumia 1020 ketika berada digenggaman. Sedangkan dari segi lebar body, Lumia 1020 pun terbilang ringkas, karena ukurannya masih memungkinkan untuk diletakkan dikantong celana reguler.

DISPLAY

Nokia Lumia 1020 hadir dengan teknologi display PureMotionHD+ AMOLED, yang sudah dilengkapi pula dengan Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar dari benturan eksktrim. AMOLED memberikan banyak keuntungan dari segi tampilan layar. Selain memberikan kesan tipis, panel AMOLED juga terbukti mampu menghasilkan warna yang cukup kontras, untuk menampilkan berbagai kombinasi warna dan objek di level yang sangat realistis.

HARDWARE

Keterlibatan Microsoft dalam pengembangan Lumia 1020, nampaknya cukup mempengaruhi performa dan fitur di perangkat Windows Phone ini. Mulai dari sisi depan, Lumia 1020 telah dibekali kamera 1.2MP. Sedangkan dari sisi layar, smartphone ini juga telah dilengkapi tiga tombol kapasitif yang terintegrasi dengan UI khas WP8. Di bagian samping terdapat tombol fisik pengatur volume, tombol daya/kunci, dan tombol kamera untuk memudahkan pengguna ketika ingin mengambil gambar. Beralih ke bagian atas, terdapat jack audio 3.5mm dan slot microSIM. Dan di sisi bawah terdapat rongga volume dan port microUSB, untuk keperluan transfer data maupun penambahan daya. Kemudian di bagian belakang, terlihat jelas bahwa fitur utama, kamera 41MP dengan 6 elemen lensa ZEISS tersimpan pada bagian lingkaran, di casing belakang. Semua kombinasi tersebut tentu akan terasa semakin lengkap berkat dukungan baterai berkapasitas 2000mAh, yang terbungkus di dalam casing unibody eksklusifnya.

KAMERA

Inilah yang menjadi keunggulan utama dari Nokia Lumia 1020. Dengan kamera super canggih, seperti yang sudah dijelaskan diawal, tentu kita dapat menarik kesimpulan bahwa ini adalah senjata pamungkas dari Nokia Lumia 1020. Bahkan kita ketahui smartphone ini lebih ramping dari pada seri sebelumnya, Lumia 920, namun dengan adanya fitur kamera yang megah membuat smartphone ini terasa lebih berat.

- Flashlight
Kamera utama memilki flash yang besar, sangat mendukung untuk pengambilan gambar dalam kondisi apapun. Fitur ini adalah fitur Xenon flash, yang memilki intensitas terang secerah  cahaya  di siang hari. Fitur tersebut memiliki intensitas sekitar 5,600-5,800 Kelvin. Berbeda dengan smartphone yang banyak anda temui, cahaya flash smartphone satu ini tidak memberi kesan biru dan lampu kilatan sangat kuat namun tidak menyilaukan karena cahaya menyebar dengan baik. Ini bisa disetarakan dengan flash pada kamera DSLR. Kedipan flash begitu cepat sehingga sangat baik untuk mendapat kualitas penerangan.

- Resolusi
Dengan kamera 41 MP, menjadikan Nokia Lumia 1020 sebagai smartphone dengan resolusi terbaik yang penah ada. Tentunya setiap gambar yang pengguna ambil, akan terlihat tajam dan detail secara seksama. Melakukan zoom ke objek terjauh pun bisa lebih maksimal tanpa terlihat distorsi. Selain itu, kecanggihan kamera tersebut juga terlihat dari variasi resolusi yang ditawarkan. Ketika pengguna ingin menurunkan kualitas gambar, ke ukuran standar, maka hal itu dapat dilakukan dengan mengubah resolusi ke 5MP, atau melakukan perubahan aspek rasio 16:9 dan 4:3, untuk mendapatkan gambar dengan kualitas 34 MP dan 38MP.

Kamera Nokia Lumia 1020 bekerja secara oversampling. Bila di perangkat lain anda mengambil gambar kualitas kamera 5MP maka anda mendapat kualitas gambar 5MP, maka dengan perangkat kamera 41MP ini, piksel bekerja ke jumlah yang lebih kecil sehingga dapat mengumpulkan detail yang lebih besar untuk ukuran 5MP. Mungkin terdengar begitu rumit, namun jelas hasil jepretan 5MP dari Lumia 1020 ini jauh lebih baik dari kualitas kamera di smartphone lain.

Uniknya lagi, ketika pengguna ingin berbagi gambar dengan kualitas foto oversample 5MP + 34MP, maka Nokia pun secara otomatis akan meresize file foto berukuran sekitar 5-6Mb tersebut ke ukuran 1-2Mb ketika dibagikan melalui Bluetooth maupun sosial media.

- Aplikasi Kamera
Nokia Lumia 1020 memiliki dua aplikasi tambahan yang dapat pengguna gunakan ketika ingin mengambil gambar. Kedua aplikasi tersebut bertajuk Nokia Pro Cam dan Nokia Smart Cam. Kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Bila ProCam memungkinkan anda untuk melakukan fotografi dengan teknik yang lebih profesional, maka Smart Cam akan berfungsi sebaliknya, di aplikasi ini Nokia akan memudahkan pengguna ketika ingin mengambil momen unik. Dengan Pro Cam pengguna dapat menggunakan kamera layaknya penggunaan kamera DSLR minus Diafragma, dimana terdapat pengaturan ISO, Speed Shutter, White Balance , Makro, dan Eksposure. Sedangkan di Smart Cam memudahkan pengguna dalam hal permainan efek, seperti halnya pilihan Best Shot, Action Shot, Motion Focus, Change Faces hingga Removing Objects.

Selain kedua aplikasi tadi, pengguna pun juga dapat berkreasi dengan hasil jepretan mereka melalui aplikasi editing, Creative Studio. Di aplikasi tersebut berbagai hasil foto dapat pengguna oprek sedemikian rupa, sehingga berbagai hasil foto unik pun dapat dikreasikan dengan mudah.

Meskipun terkesan lengkap, namun dari segi pengoperasian, Lumia 1020 terbilang kurang praktis. Hal itu terlihat pada aplikasi Crative Studio yang tidak dapat digunakan langsung saat pengguna membuka Pro Cam atau Smart Cam. Hal tersebut terlihat sungguh tidak efektif, sebab pengguna harus membuka foto yang ingin di edit, lewat galeri foto atau membukanya secara langsung lewat Creative Studio. Selain itu, kesukaran lainnya pun terlihat ketika galeri juga tak dapat langsung di buka melalui aplikasi Smart Cam dan Pro Cam.

- Video:  
Untuk video, tak ada fitur yang terlalu istimewa. Hanya ada beberapa fitur tambahan yang mungkin juga sudah ada di beberapa smartphone lain, yaitu autofokus dan bass filter untuk audio. Sama seperti kamera, untuk kesempurnaan pengambilan gambar video, sebaiknya menggunakan aplikasi ProCam, karena pengguna dapat lebih rinci mengatur kualitas, pencahayaan dan lain-lain. Lewat ProCam pengguna juga bisa mengatur resolusi video dan frame rate untuk kualitas pengambilan gambar sesuai kebutuhan.

PROSESOR

Nokia Lumia 1020 menggunakan Chipset Quallcomm  MSM8960 (1.5GHz dual-core CPU, 2GB RAM dan Adreno 225 GPU). Komposisi tersebut terbilang cukup baik meskipun persaingan smartphone dengan OS Android lain telah banyak yang menggunakan prosesor Quad-Core. Meskipun demikian, smartphone berbasis Windows Phone 8 ini tidak terasa berat ketika diajak bermanuver di berbagai tugas. Hanya saja, ketika pengguna menjalankan aplikasi yang membutuhkan kecepatan, kinerjanya agak terlihat sedikit lambat, dari apa yang diharapkan.
Namun secara keseluruhan, Nokia Lumia 1020 mampu menawarkan segi kemewahannya melalui animasi transisi dan sistem navigasi yang terlihat begitu halus. [mir/ham/timBX]

Spesifikasi:

- Display: 4.5" 16M-color PureMotionHD+ AMOLED capacitive touchscreen of 1280 x 768 pixels; Corning Gorilla Glass 3; Nokia Glance
- Chipset: Qualcomm MSM8960 chipset,
- CPU :1.5GHz dual-core Krait
- GPU: Adreno 225  
- Camera:  41MP (MainCamera) PureView sensor (38MP effective),ZEISS lens, Optical Image Stabilization, xenon and LED flashes, 5 MP (frontCamera)
-  Memori : 2GB of RAM, Internal 32GB
- Video: 1080p@30fps video recording; 4x lossless digital zoom
-  OS : Windows Phone 8 with Nokia Amber
- Baterai:  Non-removable Li-Po 2000 mAh
 

Tags :

#
Nokia
#
Nokia Lumia 1020
#
Windows Phone
#
PureView
#
Gorilla Glass 3
#
Xenon flash
#
Windows Phone 8