MENU
icon label
image label
blacklogo

Lenovo G40-45, Laptop Menengah Bertenaga AMD A8

SEP 24, 2014@14:39 WIB | 123,450 Views

Di era mobile ini, banyak produsen berlomba untuk menghadirkan perangkat laptop yang tidak hanya powerful namun juga ringkas dan ini lah yang di lakukan produsen elektronik terkemuka, Lenovo untuk perangkat laptop terkininya. Salah satunya adalah Lenovo IdeaPad G40-45 yang baru saja luncur.

Berbekal chip prosesor terbaru AMD, yakni AMD A8 dan RAM 4GB, tentunya sudah cukup untuk mengakomodasi keperluan prosesing sehari-hari. Bagi Anda sedang mencari sebuah laptop tipis, ringkas, namun canggih, Lenovo IdeaPad G40-45 adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

Bila Anda penasaran bagaimana desain dan performa notebook ini secara keseluruhan, Anda dapat menyimak ulasan Lenovo IdeaPad G40-45 dari tim BlackXperience Closer Look Gadget berikut ini.

Desain dan Hardware

Lenovo IdePad G40-45 hadir dengan desain body tipis dan elegan, namun masih terlihat sisi maskulin berkat warnanya yang hitam serta tekstur mate dan kasar. Laptop ini seluruhnya terbungkus warna hitam dengan bagian atas bertekstur kasar dilengkapi tulisan "Lenovo" chrome di pojok kiri atas.

Walau terbilang tipis, notebook ini masuk dalam kategori lebar dengan layar 14 inci dengan dimensi panjang 349 mm, lebar 245 mm, tebal 24.8 mm, dan bobot hanya 2.1 Kg sehingga walau lebar notebook ini tidak terasa berat bila dibawa kemana-mana.

Keyboard standar pun terpasang pada G40-45 ini lengkap dengan touchpad. Karena laptop ini lebar maka ukuran tombol-tombol papan ketik yang ada pun disesuaikan. Jarak dari masing-masing tombol keyboard pun tidak terlalu rapat sehingga memudahkan kita untuk mengetik dengan cepat lagi akurat. Bagian dalam laptop ini juga menggunakan finishing mate sehingga tidak terasa licin.

Pada sisi kiri terdapat port VGA, LAN, HDMI, sebuah port USB 2.0, dan USB 3.0. Sedangkan di sisi kanan terdapat port audio 3.5mm, slot kartu SD, satu buah slot USB 2.0, dan DVD-RW drive 9.0mm Super Multi Tray In. Untuk pengeras suara, Lenovo memajang speaker stereo dengan teknologi audio DOLBY.

Layar dan Baterai

Lenovo G40-45 menghadirkan layar LED berukuran 14" dengan resolusi HD 1366 x 768. Layar ini cukup menghasilkan warna yang terang dan jelas walau tidak memukau layaknya layar smartphone dan tablet kelas atas sehingga cukup nyaman untuk dipandang dalam jangka waktu lama. Sayangnya pada sudut tertentu, performa layar menurun sehingga terlihat sedikit perubahan warna yang tampak pada layar. Namun secara keseluruhan, performa layar terbilang cukup baik di kelasnya. Dari sisi baterai G40-45 ini menggunakan baterai 4 cell yang mampu bertahan 3 sampai 4 jam.

Performa

Berbicara tentang performa, Lenovo G40-45 dipersenjatai dengan chipset AMD A8, Prosesor AMD Quadcore dengan kecepatan 2GHz yang menghadirkan pengalaman prosesing yang memuaskan untuk keperluan kantor sehari-hari. Notebook ini juga dibekali dengan RAM yang cukup fantastis yakni 4GB yang mampu mengakomodasi beragam aplikasi yang terproses bersamaan. Sayangnya laptop ini hanya menggunakan kartu grafis Microsoft Basic Display Adapter AMD ATOMBIOS, yaitu kartu grafis standar saja sehingga penggunaan untuk pekerjaan grafis berat, tidak akan berjalan dengan baik.

Masalah penyimpanan data, pengguna tidak perlu khawatir sebab Lenovo G40-45 sudah dibekali dengan harddisk WDC WD5000 kapasitas 500GB 5400RPM. Walau berukuran tipis laptop ini juga dibekali dengan drive optikal CDDVDW, yang juga dapat berfungsi untuk menulis data dala CD maupun DVD. Saat dites benchmark menggunakan PerformanceTest Passmark, secara keseluruhan performa Lenovo G40-45 ini berhasil sampai pada angka 188.4 dengan CPU Mark 2274. Angka yang lumayan untuk laptop kelas menengah.

Pada saat digunakan untuk pekerjaan merender vector, tampak laptop ini melibasnya dengan mudah seperti halnya juga dengan teks dan uji interface. Untuk proses editing foto dan gambar sederhana laptop ini juga lulus tanpa masalah yang berarti walau hanya menggunakan display adapter standar Masalah datang saat harus rendering grafik 3D, Lenovo G40-45 tidak bisa makasimal bahkan cenderung patah-patah dan inilah salah satu kekurangan terbesar Lenovo G40-45 yang kurang bisa ditolerir. Laptop ini di tes menggunakan sistem operasi Windows 8 dan saat dites, semuanya berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Lenovo G40-45 A8 6410 dipasarakan dengan harga sedikit di bawah 5 juta Rupiah dan untuk laptop dengan harga 5 juta spesifikasi dan hardware yang disuguhkan sudah sesuai. Melihat dari spesifikasi dan performa secara keseluruhan, laptop ini ditujukan untuk pebisnis ringan atau kalangan pelajar, sama sekali bukan untuk pekerjaan grafis berat. [leo/timBX]

Spesifikasi:

Prosesor: AMD Quad Core A8-6410 2GHZ
Harddisk: 500GB
Memory: DDR3 4GB
Layar: 14"
Optical Drive: DVDRW
VGA: Microsoft Standar Display Adapter
Port dan slot: HDMI, 1 Port USB 3.0 + 2 Port USB 2.0, Card Reader 6 in 1
Jaringan: LAN + WIFI
Webcam: 720p + Microphone
Speaker: Stereo DOLBY