MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive All New Honda Jazz Lebih Menggoda

FEB 27, 2015@13:44 WIB | 7,928 Views

Dari generasi ke generasi Honda Jazz memang sudah kampiun di segmen compact hatchback. Pun demikian dengan keturunan ketiganya, All New Honda Jazz. Cuma butuh waktu kurang dari setengah tahun, All New Honda Jazz sudah berhasil menguasai pangsa pasar.

Dalam catatan GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), All New Honda Jazz sanggup memberikan kontribusi dalam mengerek penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) ke posisi tiga pasar otomotif di dalam negeri sepanjang 2014. Dan di awal tahun ini, Jazz kembali memimpin di kelasnya, lagi-lagi, ia pun menjadi hatchback Jepang yang paling dicari orang Indonesia.

Lantas apa yang menjadi magnet All New Honda Jazz sehingga mampu kembali membius pasar di dalam negeri? Kami pun menelisik lebih dalam tentang Jazz generasi ketiga itu. Tentunya ada faktor like and dislike.

Kalau dibandingkan secara visual antara All New Jazz dengan Jazz sebelumnya, tentu konsumen akan menemukan semua hal baru. Pada raut muka dan bagian belakang akan terlihat bagaimana Jazz bertransformasi menjadi hatchback yang memadukan unsur sporty tapi juga ada sedikit kesan futuristik. Sementara siluet bodi keseluruhannya tetap mempertahankan jati diri sebagai kendaraan compact untuk perkotaan.

Ruang kabin juga tersaji layout dasboard yang lebih fresh. Tepat di tengah-tengah ada monitor entertainment 6.1 inci berfitur layar sentuh yang sudah bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat mobile. Meski demikian, perubahan yang terjadi pada sisi desain ternyata tidak seiring sejalan dengan sensasi kala menjadi mengemudi atau penumpang belakang.

All New Honda Jazz masih memberikan pengalaman yang sama dalam hal posisi duduk sebagai driver maupun penumpang belakang. Ruang kabin memang terasa lega dan pandangan ke berbagai arah terasa jelas, tetapi hal itu sudah bisa ditemui pada Jazz sebelumnya. Belum lagi materialnya yang terkesan murahan, masih saja ditemui pada Jazz generasi terbaru ini. Para calon konsumen juga kami sarankan menambahkan optional sensor parkir atau bahkan kamera parkir, mengingat dalam harga on the road fitur itu belum tersedia.

Hidden talent pada All New Honda Jazz baru terasa ketika mobil ini bergerak dan mesin Earth Dreams Technology dari balik bonetnya bekerja. Hal pertama yang kami temui yakni adanya One Push Ignition System, sebuah tombol yang berfungsi mengaktif/non aktifkan mesin dalam sekali sentuh. Dengan fitur ini Smart Key tidak perlu lagi dilesakkan ke rumah kunci, tapi cukup disimpan dalam saku baju atau celana.

Mesin 1.5 SOHC i-VTEC yang diusungnya memang masih serupa Jazz terdahulu sehingga akselerasinya masih terasa sama. Tapi transmisi CVT baru yang digunakan membuat aliran tenaga tersalur dengan lebih lembut. Mau sedikit agresif? Honda kembali menyediakan fitur paddle shift agar pengemudi dapat menentukan posisi gear sesuai kebutuhannya.

Hal menarik lainnya yakni pada kondisi mobil berjalan kencang, suspensi yang tersaji juga terasa lebih lembut, tidak terlampau rigid walau tanpa kehilangan kontrol berlebih. Jika Anda bukan menyuka kebut, All New Honda Jazz juga masih sangat nikmat untuk dibawa cruising ke luar kota saat akhir pekan. Manakala jalan tol masih lengang, aktifkan saja fitur cruise control, dan pengemudi pun bisa istirahat sejenak menginjak pedal gas.

Unit yang kami uji coba ini adalah All New Honda Jazz tipe RS bertransmisi otomatis CVT. Harganya kini dipatok Rp 252 juta on the road Jakarta. Sekitar Rp 10 juta lebih ekonomis dibanding pesaing terberatnya All New Toyota Yaris TRD Sportivo. Ini tentunya mendambah daya tarik agar konsumen makin tergoda. [Pra/timBX]

Spesifikasi :
Mesin : 1.5-liter SOHC i-VTEC
Kapasitas : 1.497cc
Sistem penggerak : front wheel drive
Compression ratio : 10.3 : 1
Max. Power : 120 hp / 6.600 rpm
Max Torque : 145Nm / 4.600 rpm
Transmisi : 5-Speed Automatic
Bahan bakar : gasoline
Kapasitas tangki : 40 liter
Panjang : 3.955 mm
Lebar : 1.694 mm
Tinggi : 1.524 mm
Sumbu roda : 2.530 mm
Suspensi Depan : MacPherson Strut
Suspensi Belakang : H-Shape Torsion Beam
Ban Depan : 185/55 R16
Ban Belakang : 185/55 R16
Fitur lain : Audio system with 6.1-inch touch screen, ECO Assist, One Push Ignition System, Paddle Shift, Cruise Control, Smart Key, Dual SRS Airbags
Harga : Rp 252 juta on the road Jakarta 

Tags :

#
closer look automotive
#
automotive
#
all new honda jazz
#
new honda jazz
#
honda jazz
#
honda
#
pt honda prospect motor