MENU
icon label
image label
blacklogo

Kopdar Tipis Komunitas MRCI, Pecinta Mazda MX-5 Roadster di PIK 2

JUN 14, 2020@15:26 WIB | 133 Views

Mazda Roadster Club Indonesia (MRCI) sebuah komunitas mobil berbasis Mazda MX-5 di Indonesia. MRCI boleh dibilang komunitas mobil yang diresmikan pada 17 Agustus 2018, tepat pada kemerdekaan republik Indonesia.  Kesuksesan Mazda membangun sport coupe/ sports roadster, Mazda Xperiment (MX)-5 membuat beberapa brand lain seperti membangun kelas sports coupe seperti Mercy dengan SLK dan BMW dengan Z3.

Ivan selaku Ketua MRCI mengisahkan bahwa  MX-5 yang berhasil masuk ke Indonesia kurang dari 200 unit di seluruh Indonesia. Karena jumlahnya yang sedikit, Ivan mencoba untuk ngeblend dengan 35 pemilik MX-5, yang peredarannya tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. 

"Kami mencoba berkoordinasi dengan pemilik MX-5 dari Medan, Kalimantan, Bandung, Jambi, Makassar dan Jabodetabek sendiri sudah 12 member. Masa dua tahun ini kami lebih konsolidasi ke dalam salah satunya guna merumuskan AD/ART MRCI dalam waktu dekat," tutur Ivan.

Beberapa kegiatan MRCI telah disupport Mazda Indonesia APM dan Eurokars sebagai importir. Support yang dimaksud seperti diskon service, suku cadang dengan harga spesial, dan beberapa support saat touring. 

"Beberapa unit MX-5 milik saya dan teman-teman kami beli dari warga Bali. Di Bali banyak obyek wisata pantai, dan mobil paling cocok adalah sedan coupe convertible seperti Mazda MX-5. Jumlah yang cukup terbatas membuat perburuan MX-5 dibilang cukup ketat dengan harga cukup gelap di pasaran. Harga mencapai Rp400 juta, melihat beberapa iklan baris di salah satu e-commerce," ungkap Ivan.

Untuk kegiatan kopdar MRCI dirancang cukup fleskibel, "Kami tidak membatasi waktu harus ontime. Titik meetpoint di Kocinawa, PIK2.  Kopdar kami bebas asal ada komitmen datang. Akhirnya terkumpulah bro Peter (humas), bro Dedy, bro Adith, sis Aishi, bro Sins, bro Robbin dan bro Richard, serta saya sendiri," ucap bro Ivan, 34 tahun yang berprofesi sebagai dokter umum. 

Mazda MX-5 diproduksi pertama sejak 1989, dengan generasi NA, NB, NC dan ND yang terbaru sejak 2015. Kode tersebut merupakan kode body setiap generasinya. MX-5 Generasi NC1, NC2 dan NC3 tahun 2011-2014 dan kode ND tahun 2015 hingga sekarang. Banyak beredar di member MRCI NC2 dan NC3 yang membedakan diantaranya adalah lampu depan dan foglamp, serta warna interior. 

"Nama Mazda Xperiment memang memberikan pengalaman berkendara sebuah sportcoupe. Bertenaga 167 hp dengan mesin 4 silinder bertransmisi matik. Secara posisi berkendara cukup nyaman, saat dimelihat obstacle didepan si MX-5 ini mengkondisikan, berkat teknologi MX. Distribusi berat 50:50 cukup membantu saat melewati tikungan panjang, serta fitur cruise control cukup membantu saat akselerasi mobil di kecepatan 60 kpj," kisah Ivan yang terkesan pada suspensi rigid, mempermudah handling, dan berpenggerak roda belakang, cukup enak untuk berakselerasi, terlebih untuk drift.

Kopdar kali ini kami lebih membahas AD/ADT untuk memenuhi persyaratan di IMI. Terus terang agak terlambat karena menentukan member yang benar-benar aktif dalam kepengurusan ini cukup baik. "Soal modifikasi, kami menang hanya bermain standar. Paling ganti velg, dan coilover, pasang ductail dan wrapping," tutup Ivan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
mrci,
#
mazda roadster club indonesia,
#
mazda mx-5,
#
komunitas mobil