MENU
icon label
image label
blacklogo

Ranginas: Mengeringkan Pakaian Tanpa Mengenal Cuaca

DEC 25, 2016@15:00 WIB | 2,239 Views

Memanfaatkan energi panas dari Outdoor Air Conditioner (AC), salah satu peserta BlackInovation 2016, IR. Ignatius Ario Noegraha menciptakan sebuah alat pengering pakaian yang memanfaatkan energi panas dari output AC tersebut.

Ranginas, sebuah alat pengering pakaian yang namanya terinspirasi dari kependekan kata “Jemuran Angin Panas” ini menawarkan solusi mengeringkan pakaian secara cepat dengan memanfaatkan energi yang terbuang dari AC. Tidak hanya cepat mengeringkan pakaian basah, namun juga dapat digunakan baik siang ataupun malam hari tanpa terpengaruh kondisi cuaca.

Produk desain karya inovator asal Tangerang Selatan ini menjadi solusi menjemur pakaian setelah selesai di cuci. Meskipun cuaca sedang mendung ataupun hujan, pakaian tetap dapat kering maksimal. Tak hanya mengeringkan pakaian, namun juga sepatu, kaos kaki, dan lainnya.

Sejatinya Ranginas merupakan sebuah jemuran yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Komponen-komponen Ranginas terdiri dari pengunci hanger pakaian agar tidak bergeser, penjepit untuk kaos kaki, dasi, serbet, atau sapu tangan, serta telah dilengkapi dengan adjuster yang berfungsi untuk menyesuaikan Ranginas dengan ukuran box AC.

Ranginas akan bersaing dengan produk desain dan produk Internet of Things (IoT) lainnya yang berhasil masuk ke babak semifinal di ajang kompertisi inovasi terbesar di Indonesia, BlackInnovation 2016.

Jika menurut Anda inovasi Ranginas dari Ignatius Ario Noegraha sangat bermanfaat, klik disini (https://blackinnovation.blackxperience.com/voting/voting) untuk jadikan Ranginas Pemenang Favorit BlackInnovation 2016. Karena BlackXperience.com menyediakan voucher belanja masing-masing Rp 500.000 untuk 10 orang yang beruntung. [Hlm/timBX]

Tags :

#
ranginas,
#
blackinnovation 2016,
#
blackinnovation