MENU
icon label
image label
blacklogo

Kurangi Limbah Plastik, Kantong Kresek Ini Bisa Berubah Jadi Celemek

DEC 28, 2016@12:10 WIB | 1,593 Views

Meskipun harganya murah, mudah dibentuk, dan tahan lama, namun plastik memiliki efek samping yang cukup besar bagi lingkungan karena sulit diurai secara alami. Menurut penelitian, butuh waktu sekitar 500 sampai 1000 tahun agar material ini dapat terurai.

Berangkat dari permasalahan ini, Mulyadi pun menciptakan produk keren yang memiliki dwi-fungsi, yakni sebagai kantong kresek sekaligus berfungsi untuk melindungi pakaian saat memasak atau biasa disebut celemek.

"Di BlackInnovation 2016 ini gue masuk kedalam kategori Product Design. Gue mengambil judul Bubagy, yakni kantong kresek yang memiliki dwi-fungsi, yang kantong kresek yang dapat menjadi celemek," terang cowok asal Cilegon ini. Produk ini sendiri, sambungnya, dirancang khusus untuk ibu-ibu memasak, koki, serta aktivitas yang berkaitan dengan kantong plastik.

Produk ini merupakan upaya untuk meminimalisasi penggunaan kantong plastik kresek. Seperti diketahui, kantong kresek kerap digunakan ibu-ibu untuk membawa barang belanjaannya. Dan saat tiba dirumah, tidak jarang ibu-ibu tersebut membuang kantong kresek tersebut. Dengan konsep yang diusung Bubagy, diharapkan tidak akan ada lagi ibu-ibu yang membuang kantong plastik lagi.

Bubagy sendiri terbuat dari kain katun yang bagian dalamnya dilapisi dengan kain perasut. Ukurannya pun cukup kompak dengan panjang 73 cm dan lebar 37 cm dan lubang handle 7 cm. Tidak ketinggalan, Mulyadi juga telah membekali Bubagy dengan tali pinggang dan tali pundak agar tidak mudah lepas saat digunakan sebagai celemek. Agar rapat saat difungsikan sebagai kantong kresek, tersedia resleting di sisi kiri dan kanan Bubagy.

Nah, kalau Anda suka dengan inovasi Buagy dari Mulyadi klik disini (https://blackinnovation.blackxperience.com/voting/voting) untuk jadikan Buagy Pemenang Favorit BlackInnovation 2016. [Teg/TimBX]

Tags :

#
kantong kresek,
#
bubagy,
#
blackinnovation 2016,
#
blackinnovation