MENU
icon label
image label
blacklogo

Berbasis IoT, Lemuria Bisa Jadwalkan Pengangkutan Sampah

DEC 31, 2016@15:30 WIB | 1,666 Views

Hingga saat ini, sampah terus menjadi persoalan serius di kota-kota besar di seantero dunia, tak terkecuali Indonesia. Tidak hanya mengeluarkan bau tidak sedap selama di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS), proses pengangkutan menuju tempat penampungan sampah akhir. Masalah inilah yang coba dipecahkan Ratu Aghnia Fadilah dengan menciptakan produk Internet of Things (IoT)

"Di sini, kita bawa inovasi atau karya bernama Lemuria Smart Waste Collection. Jadi Lemuria ini adalah perangkat Internet of Things (IoT) yang akan melakukan scanning volume sampah di TPS. Setelah volumenya didapat dari sensor IoT, data nanti akan dikirim ke cloud server yang telah dibekali dengan artificial intelligence yang akan memberikan rute terbaik pengangkutan sampah," jelas Roger.

Dengan mengumpulkan data dari kontainer sampah, Lemuria Smart Waste Collection akan menyajikan informasi yang berharga. Seperti diketahui, selama ini proses mengumpulkan sampah dilakukan dengan menggunakan rute dan jadwal tetap. Para petugas akan mengangkut sampah dari kontainer TPS tanpa memperdulikan apakah sudah penuh atau tidak, sehingga akan memakan biaya yang tidak perlu.

Secara cerdas, sensor Smart Waste yang dicangkokkan akan memindai volume sampah di dalam kontainer TPS secara berkala. Data pemindaian tersebut nantinya akan dikirim menggunakan koneksi radio 2,4GHz. Lumeria sendiri menggunakan sensor ultrasonik paralax yang dapat memindai objek padat dan cair dari jarak 300 cm. Setiap sudut tidak akan lepas dari pemindaian Lumeria, mengingat sensor akan melakukan sampling secara vertikal dan horizontal.

Untuk membuat sebuah Lumeria sendiri tidak dibutuhkan biaya yang besar, dan perangkatnya sendiri tahan terhadap berbagai kondisi cahaya. Dalam bekerja, Lemuria menggunakan power supply dengan ketahanan baterai sampai 1 tahun.

Klik disini (https://blackinnovation.blackxperience.com/voting/voting) untuk jadikan Lumeria Pemenang Favorit BlackInnovation 2016 karena ada voucher belanja @ Rp 500.000 untuk 10 voters yang beruntung. [Teg/TimBX]

Tags :

#
lemuria smart waste collection,
#
blackinnovation,
#
blackinnovation 2016