MENU
icon label
image label
blacklogo

Uji Coba Speeder, Sepeda Motor Terbang oleh JetPack Aviation Berhasil

JUL 24, 2021@10:30 WIB | 399 Views

JetPack Aviation (JPA) akhirnya berhasil menyelesaikan uji terbang pertama pada hovercraft P1.0 dengan skala penuh. Mengapa ini menjadi keberhasilan tersendiri? Sederhananya, P1.0 menjadi konstruksi dasar untuk produk masa depan perusahaan, Speeder, yang akan dipasang di platform P1.5 yang statusnya sekarang sedang dibangun.

JPA berfokus pada pembuatan mikro-VTOL yang ditujukan untuk penerbangan yang dioperasikan oleh manusia dan AI. Pengujian berbasis di Lembah San Fernando, tepat di utara Los Angeles, California, tim ini berada di garis depan dalam menghadirkan VTOL pribadi pertama yang dapat dioperasikan sepenuhnya kepada dunia, atau sebagaimana beberapa orang menyebutnya, “Flying Motorcycle”.

Perusahaan telah secara resmi membuka preorder pada 20 unit Speeder pertama. Namun, mungkin sudah terjual semua sekarang, mereka menawarkan harga dasar $380.000 (€322.713 dengan nilai tukar saat ini) hanya untuk versi rekreasi. Ya, ada lebih dari satu versi, total tiga  
versi, dan masing-masing untuk tujuan yang dirancang.

Pertama, Recreational Speeder akan hadir dengan bobot kosong hanya 231 lbs (105 kg) dan menawarkan daya dorong maksimal 705 lbs (320 kg). Ini cukup untuk meledakkan Speeder hingga kecepatan 150 mph (241 kph).  Tidak membutuhkan landasan pendaratan atau tempat parkir. Namun, perjalanan ke toko lokal adalah satu-satunya yang dapat Anda lakukan karena waktu ketahanan maksimal 22 menit saja. Ya meski sebentar, tapi itu akan menjadi 22 menit yang luar biasa dalam pengalaman seseorang.

Versi dua dan tiga termasuk Speeder Militer dan Speeder Kargo. Sekarang, versi Speeder ini jauh lebih kuat. Model ini, 1.200 lbs (544 kg) daya towing, dan waktu penerbangan 22 menit telah diperpanjang menjadi 30 menit. 

Speeder yang sama ini juga akan digunakan oleh responden pertama, hanya dengan utilitas yang sedikit berbeda. Versi ini, serta yang digunakan oleh militer, akan menyertakan tas jinjing yang dapat dipasang ke Speeder yang ada dan membawa perlengkapan yang diperlukan untuk pertolongan pertama, bahkan dipasang sebagai stasiun respons pertama. 

Versi militer akan melengkapi box dengan senjata dan peralatan yang digunakan dalam misi. Untuk Speeder yang menggunakan kotak kargo, sudah dilengkapi penerbangan otonom. Salah satu fitur yang membedakan Speeder dari kendaraan sejenis lainnya adalah thrust system. 

Alih-alih menggunakan rotor untuk terbang, VTOL ini ditenagai oleh empat mesin compact turbojet yang beroperasi dengan kerosene, bahan bakar Jet A, dan diesel. Mengapa? Jenis mesin ini menawarkan akurasi yang tepat saat dioperasikan. Lihat saja ukuran landasan pendaratan yang digunakan tim ini untuk tes.[Ahs/timBX]

Tags :

#
speeder,
#
jetpack aviation,
#
motor terbang,
#
rotor turbo jet