MENU
icon label
image label
blacklogo

Sony Pekerjakan Robot yang Mampu Merakit PlayStation 4 Setiap 30 Detik

JUL 07, 2020@19:00 WIB | 197 Views

Beberapa tahun terakhir dilaporkan sejumlah pekerjaan akan menggunakan tenaga robot. Data pun menyebutkan sejumlah pekerjaan di tahun 2020 telah dibereskan oleh tenaga robotik. Terbaru, bulan Juni lalu, sebuah restoran dengan pelayan robot dibuka secara resmi di Cina Selatan. Beberapa industri otomotif dan electronik pun sebagian bidang pekerjaannya juga telah dialihkan menggunakan robot, seperti di pabrik Sony.

Sebagian besar pabrik otomatis kepunyaan Sony yang terletak di pinggiran Kisarazu , seberang Teluk Tokyo, Jepang ternyata telah mempekerjakan banyak robot. Menariknya, robot-robot tersebut mampu merakit PlayStation 4 setiap 30 detik. Durasi pekerjaan yang membutuhkan kecepatan dan fokus luar biasa jika dirakit oleh tangan manusia.

Nikkei Asian Review, seperti dilansir DigitalTrend, menggambarkan pabrik yang dioperasikan perusahaan manufaktur Sony (Sony Global Manufacturing & Operations) itu sebagai “bangunan putih besar menjulang di atas langskap pinggiran kota”. Fasilitas produksi yang rampung dibangun tahun 2018 silam itu memili jalur perakitan 31,4 meter untuk PlayStation 4.

Dalam probrik yang cukup luas tersebut, Sony hanya menggunakan beberapa tegaga manusia, dua orang sebagai penambah motherboard ke jalur perakitan sedangkan dua orang lai bertugas menempatkan konsol dalam paket. Sebagian besar pekerjaan menggunakan robot. 32 robot menempati sisa jalur perakitan dan 26 robot lainnya bertugas sebagai pemasang kabel, pita, dan pekerjaan fleksibel lainnya.

Nikkei Asian Review melaporkan, untuk pesangan kabel flat PlayStation 4 misalnya, dapat dieksekusi oleh robot. Kabel tersebut dipasang menggunakan satu lengan robot dengan cara menahannya sementara robot lain bertugas melintirnya dalam arah dan tekanan tertentu.

"Mungkin tidak ada fasilitas lain yang dapat memanipulasi robot dengan cara ini," kata salah satu insinyur dikutip Black Xperience dari Digital Trends.

Sekadar diketahui, juru bicara Sony bulan Maret lalu menyatakan kepada Bloomberg bahwa, Sony akan meluncurkan PlaySation 5 musim liburan 2020 mendatang. Adapun pandemi Covid-19 tidak berdampak signifikan terhadap timeline konsol. [asl/timBX]

Tags :

#
robot sony,
#
playstation 4,
#
robot pintar,
#
pabrik sony