MENU
icon label
image label
blacklogo

Laundroid: Robot Rumahan Pelipat dan Penyortir Pakaian

AUG 14, 2020@15:30 WIB | 300 Views

CEO Seven Dreamers, Shin Sakane memberi cuplikan peralatan rumah tangga robotik yang akan melipat dan menyortir cucian.

Insinyur di perusahaan Seven Dreamers yang berbasis di Tokyo mulai mengembangkan robot pelipatan cucian bernama Laundroid pada tahun 2005, dan sekarang robot itu sudah dipamerkan di CES 2018 lalu.

Belum terlihat secara langsung, tetapi menurut CEO Seven Dreamers, Shin Sakane idenya adalah: Anda memasukkan pakaian bersih dan kering ke dalam kotak dengan peralatan rumah tangga yang cantik, dan beberapa jam kemudian Anda dapat mengumpulkan barang-barang yang terlipat dan sudah disortir.

"Bahan lembut seperti pakaian adalah salah satu masalah tersulit bagi AI bahkan hingga sekarang," kata Sakane. "Melipat cucian tampak seperti tugas yang mudah, tetapi sebenarnya sangat sulit, jadi itu sebabnya tidak ada yang pernah melakukannya sebelumnya."

Sakane berkata, "Salah satu hal yang paling sulit adalah handuk. Tampaknya konyol - bagi manusia, handuk adalah handuk. Tapi AI kesulitan mengenali bentuk sesederhana itu. Handuk hanya persegi panjang." Saat ini, dibutuhkan waktu hingga enam jam untuk melipat cucian. Kali ini akan menjadi jauh lebih baik ketika orang mulai menggunakan Laundroid cukup untuk memberikan data yang cukup untuk melatih AI. Untuk mengenali handuk dengan akurasi lebih dari 95 persen, mereka membutuhkan 250.000 gambar atau lebih handuk.

"Kami memiliki beberapa insinyur yang baru saja memotret handuk dan celana." Sakane tertawa. "Ini pelatihan AI yang tidak bisa kita hindari."

Untuk mengatasi tugas membosankan melipat cucian, Laundroid terdiri dari tiga teknologi: Analisis gambar, kecerdasan buatan, dan robotika. Meski ada beberapa lengan robot yang melipat pakaian, namun dibuat seperti furnitur mewah Italia, terbuat dari kulit, kayu, dan kaca. Bahan-bahannya sengaja dibuat mewah karena itu sebabnya ditawarkan mulai dari $ 16.000 (setara 241 Juta Rupiah) untuk model dasar - jauh lebih mahal daripada kebanyakan peralatan rumah tangga. Tetapi Sakane mengatakan bahwa hampir 500 orang telah mendaftar untuk membeli Laundroid. Harga akan turun secara signifikan saat volume permintaan meningkat. Sakane memberi tahu kami, "Banyak teknologi dalam perangkat lunak kami, dan perangkat lunak mahal untuk dikembangkan tetapi mudah diterapkan untuk produk produksi massal."

Memang mahal, tapi banyak yang malas, sedangkan robot rumahan itu mengasyikkan, dan cucian tidak pernah berakhir. Sakane berkata, "Anda dapat memuat hingga 30 pakaian kering bersih dan menekan tombol, tunggu beberapa jam dan kemudian Anda akan melihat cucian terlipat diurutkan ke dalam kategori pakaian atau anggota keluarga.”

Mesin tersebut bekerja dengan aplikasi tetapi berpotensi invasif. Sama seperti perangkat IoT lainnya, aspek kehidupan sehari-hari kita yang sebelumnya bersifat pribadi menjadi terbuka untuk umum. Untuk melatih Laundroid mengurutkan berdasarkan anggota keluarga, Anda harus mendaftarkan pakaian Anda terlebih dahulu.

Kedengarannya sederhana. Cukup muat semua pakaian Anda ke dalam kotak sisipan dan kemudian gunakan aplikasi pada ponsel cerdas Anda untuk menetapkan pakaian tersebut sesuai nama anggota keluarga tertentu. Robot mengambil setiap item, mengambil gambar dari pakaian tersebut, dan menghafalnya. Setelah registrasi ini, Anda dapat memuat pakaian secara acak dan kemudian mendapatkan tumpukan cucian terlipat rapi untuk setiap anggota rumah tangga Anda. Tapi kemudian Laundroid memiliki data pribadi Anda.

"Ini seperti lemari online," Sakane menjelaskan. Ini memberi tahu Anda apa yang Anda miliki, seberapa sering Anda mengenakan setiap potong pakaian, sudah berapa lama sejak Anda mengenakan suatu barang, dan banyak lagi.”

Dia melanjutkan, "Kami dapat menyediakan API untuk perusahaan rintisan atau situs lelang teknologi mode sehingga aplikasi Laundroid dapat membuat rekomendasi, seperti, 'Oh, kamu tidak memakai kaos ini selama setahun jadi mengapa kamu tidak menjualnya saja . ' Ini adalah cara baru untuk mengontrol lemari Anda secara online. "

Robot pelipatan cucian lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi peralatan rumah tangga terbaik akan mampu menangani setiap aspek cucian. Seven Dreamers telah bermitra dengan Panasonic untuk mengembangkan Laundroid versi all-in-one. Sakane mengatakan folder mesin cuci-pengering bisa siap dalam waktu empat tahun. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
laundroid,
#
robot rumahan,
#
robot pintar,
#
ai,
#
kecerdasan buatan