MENU
icon label
image label
blacklogo

Dongfeng Motor Gunakan Robot Humanoid Canggih Untuk Produksi Mobil

JUN 04, 2024@14:00 WIB | 358 Views

Di era sekarang, banyak pabrikan yang menggunakan berbagai teknologi canggih bahkan dari produksi mobil mereka. Namun sebuah langkah unik dilakukan oleh salah satu brand asal Tiongkok Dongfeng Motor.

Yap baru-baru ini, Dongfeng Motor memperkenalkan teknologi memproduksi mobil menggunakan robot humanoid. Inovasi ini disebut-sebut termasuk yang paling canggih dalam produksi mobil karena memanfaatkan kecerdasan buatan alias AI.

Melansir Carscoops, Senin (3/6/2024), disebutkan penggunaan robot Humanoid ini diberi nama Walker S. Robot canggih ini sendiri diproduksi oleh salah satu perusahaan teknologi yaitu Ubtech Technology yang ditunjuk Dongfeng Motor untuk proyek terbaru tersebut.

Cara kerja robot Humanoid ini termasuk penting dalam produksi mobil yang akan dijual Dongfeng Motor ini. Diantaranya seperti pemeriksaan sabuk pengaman, mengecek kunci pintu, penutup lampu depan, penutup belakang, mengecek kualitas body, hingga interior.

Gak cuma itu, robot canggih ini juga punya beberapa tugas penting lainnya. Misalnya seperti mengisi oli, memasang rangka body, memang emblem dan pencetakan label. Meski begitu, robot ini nantinya akan tetap dibantu dengan beberapa peralatan otomatis tradisional yang dikontrol oleh manusia.

Dalam perkenalan robot Humanoid ini, General Manager Dongfeng Motor, Lin Changbo menyebut robot ini bakal memanfaatkan teknologi AI generasi terbaru. Ia menyebut bahwa sebelum dioperasikan robot Walker S ini akan diberi beberapa pelatihan untuk bisa melakukan tugas perakitan mobil yang kompleks dan canggih.

“Hadirnya robot Humanoid Walker S yang canggih ini, akan menjadi standar baru dalam perakitan mobil di seluruh dunia. Kami berharap nantinya penggunaan robot Humanoid ini bisa memberi perspektif baru dalam perakitan mobil yang lebih cerdas”, ungkap Changbo. [edo/timBX]

Tags :

#
dongfeng motor,
#
inovasi,
#
perkaitan,
#
mobil,
#
robot,
#
humanoid,
#
ai

X