MENU
icon label
image label
blacklogo

Perintah Suara Terdengar Kuno Setelah Ada Alat Ini

APR 10, 2018@09:00 WIB | 491 Views

Perangkat teknologi yang mampu membaca pikiran penggunanya tanpa berkomunikasi sepertinya baru ada dalam film-film saja. Namun, AlterEgo, sebuah headset yang dikembangkan oleh para peneliti di MIT tampaknya sudah selangkah lebih maju ke teknologi tersebut.

AlterEgo digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Alih-alih menggunakan tetikus atau perintah suara, seorang pengguna dapat mengendalikan komputernya atau berkomunikasi dengan perangkat pintar dalam diam. Sepintas, alat ini akan terkesan membaca pikiran penggunanya kemudian melaksanakan perintahnya.

Nyatanya, alat ini memang membaca keinginan penggunanya. Namun bukan pikiran yang dibaca, melainkan otot rahang dan suara yang dihasilkan penggunanya di dalam mulut. Dengan AlterEgo, pengguna bisa berkomunikasi dengan komputer, walaupun tidak menggunakan suara.

Sepintas, alat ini memang mempunyai bentuk aneh dan tidak biasa. Namun jangan salah, alat ini memiliki teknologi canggih di dalamnya. AlterEgo memiliki elektroda yang akan memindai rahang dan wajah penggunanya dari sinyal neuromuscular yang dihasilkan ketika penggunanya memikirkan suatau kata dan mencoba melafalkannya tanpa mengeluarkan suara. Teknik ini disebut subvocalization. Selanjutnya jawaban atas perintah tersebut akan disalurkan melalui tulang langsung ke telinga bagian dalam.

Saat ini AlterEgo hanya memiliki 20 kosakata untuk serangkaian tugas komputer, termasuk software berhitung, dan aplikasi catur yang memungkinkan penggunanya melakukan langkah catur sehingga penggunanya bisa mendapatkan arahan mengenai langkah selanjutnya.

Pimpinan proyek AlterEgo, Kapur, menjelaskan bahwa perangkat ini masih bisa dikembangkan lebih baik lagi jika diberikan data yang lebih banyak.

“Kami sedang mengumpulkan data, dan hasilnya terlihat bagus. Saya rasa kita akan bisa melakukan percakapan penuh pada suatu hari nanti,” ujar Kapur. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
alterego