MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Dia Nixie Tubes, Jam yang Dapat Melayang

AUG 03, 2016@15:00 WIB | 1,477 Views

Tony "Lasermad" Adams dari Scottish elektronik kini mengeluarkan terobosan terbaru untuk sebuah jam. "Ini adalah nixie clock yang tidak seperti banyak orang pernag lihat," ujar Adam. "Ini didukung sepenuhnya oleh induksi magnetik, dan menggunakan magnet bumi dan elektromagnet untuk tetap tergantung di atas. Tidak ada kabel, tidak ada kontak dengan tanah sama sekali - jam ini hanya mengapung dan beroperasi tanpa koneksi jelas."

Base-nya sendiri dihubungkan ke stopkontak dengan baterai cadangan yang akan membuat jam terus mengambang walaupun terjadi pemadaman listrik. Nixie tubes ditenagai secara nirkabel dengan sumber dari gulungan tembaga induksi, sementara waktu dapat diatur dengan menggunakan tombol yang berada di base, atau dengan bantuan aplikasi smartphone.

"Setelah jam ini diatur, jam ini juga dirancang untuk berjalan 24 jam per hari selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun pada suatu waktu," ujar Adams. "Ini tidak seperti pada speaker Bluetooth mengambang yang telah beredar di pasaran yang perlu pengisian setiap beberapa jam sekali. Setelah jam ini mengambang, ia akan terus mengambang selama terus ditenagai." [Clo/timBX]

Tags :

#
nixie tubes,
#
black box