MENU
icon label
image label
blacklogo

IBM Kembangkan Fingernail yang Mampu Pantau Kondisi Kesehatan

DEC 27, 2018@16:25 WIB | 46 Views

Teknologi tentu tak pernah lepas dari inovasi. Seperti IBM yang tengah mengembangkan fingernail pintar. Fingernail ini memiliki kemampuan untuk melacak kesehatan penggunanya.

Pada dasarnya sensor ini dikenakan di atas kuku penggunanya. Ketika pengguna mengambil sebuah benda dan menggenggamnya, sensor kemudian akan langsung bekerja dengan mengaksesnya dari kuku pengguna.

Informasi yang diperoleh kenudian diproses melalui sebuah machine learning, untuk kemudian mampu mendeteksi apakah ada masalah kesehatan pada tubuh penggunanya.

“Ternyata kuku kita berubah bentuk – menekuk dan bergerak – dengan ketika kita menggunakannya untuk menggenggam atau bahkan ketika melenturkan jari-jari. Deformasi ini biasanya memiliki urutan satu digit mikron, sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang. Namun itu dapat dengan mudah dideteksi dengan sensor strain gauge,” tutur para peneliti IBM, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo.com.

Sensor ini awalnya dikembangkan untuk membantu para penderita parkinson. Namun di tengah prosesnya, para peneliti menemukan potensi untuk kegunaan lainnya.

Dengan ini juga mengilhami terciptanya perangkat yang suatu hari nanti berpotensi untuk dapat membantu orang yang lumpuh untuk berkomunikasi dengan lebih mudah ke orang lain. [Hlm/timBX]

Tags :

#
ibm,
#
fingernail ibm,
#
smart fingernail