MENU
icon label
image label
blacklogo

Setelah Artificial Intelligence, Sekarang Ada Artificial Life

OCT 10, 2018@09:00 WIB | 100 Views

Artificial Intelligence bukan lagi menjadi barang baru saat ini. Hampir seluruh perangkat digital sudah hadir dengan kecerdasan buatan di dalamnya. Proses kerjanya mirip ketika manusia mempelajari sesuatu. Apa jadinya kalau ada ilmuwan yang membuat artificial life?

(Sekelompok peneliti berhasil mengembangkan Artificial Life pada sebuah komputer quantum)

Sesuai namanya, artificial life merupakan kehidupan buatan. Layaknya kecerdasan buatan, hidup buatan ini juga ditanamkan pada alat elektronik. Nah, sekelompok peneliti dari Universitas Basque yang berbasis di Spanyol berhasil menanamkan kehidupan buatan dalam sebuah komputer quantum.

Dengan menggunakan komputer quantum IBM QX4, para peneliti ini membuat siklus kehidupan mini yang mampu membawa berbagai sifat dalam kehidupan nyata. Menariknya, siklus ini melibatkan reproduksi, mutasi, evolusi, bahkan kematian. Mereka berharap, kehidupan buatan ini mampu menjelaskan asal mula kehidupan nyata.

“Penelitian kamu menghubungkan dua area yang sebelumnya tidak berhubungan sebagai artificial life dan komputasi quantum,” ujar Lucas Lamata, salah seorang peneliti yang tergabung dalam proyek ini.

Dengan penelitian ini, para peneliti tersebut berharap mampu menemukan jawaban dari pertanyaan mendasar seperti: sistem fisik terkecil apa yang mampu mereplika dirinya sendiri dan perilaku biologis unik apa yang membentuk organisme unik?

Kedepannya, para peneliti tersebut berharap dapat memasukkan beberapa aspek lain seperti ekonomi, desain, aerodinamika, bahkan sistem biologi yang lebih kompleks dari sebelumnya. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
quantum computer,
#
ibm,
#
artificial intelligence,
#
artificial life