MENU
icon label
image label
blacklogo

Gokil! Tiongkok Akan Buat Jalur Kereta Bawah Laut Tiongkok-Amerika Serikat!

SEP 02, 2022@20:00 WIB | 227 Views

Tiongkok dilaporkan ingin membangun jaringan rel bawah laut senilai $200 miliar dari daratan Tiongkok ke Amerika Serikat (AS). Jaringan kereta bawah laut akan memiliki panjang lebih dari 12.800 km dan akan menjadi salah satu proyek paling mahal yang pernah dibuat.

Tidak hanya melakukan perjalanan dari daratan Tiongkok ke AS, jalur kereta bawah laut ini juga akan berjalan melalui Siberia, Alaska, dan ke Kanada. Kereta peluru bawah air ini akan dapat mengangkut penumpang dari Tiongkok ke AS hanya dalam dua hari.

Meskipun ini adalah rencana yang ambisius, kereta bawah laut sebenarnya bisa diwujudkan. Jepang sudah memiliki terowongan kereta bawah laut yang menghubungkan Pulau Honshu dan Pulau Hokkaido.

Rel kereta api ini dibangun sepanjang 140 m di bawah permukaan laut. Sekitar 23 km dari Terowongan Seikan saat ini berada di bawah air, menjadikannya salah satu terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

Selain terowongan Seikan ada juga terowongan bawah laut Channel yang menghubungkan Inggris dengan Prancis. Dengan panjang hampir 40 km, ini adalah terowongan rel bawah laut terpanjang di dunia. Terowongan Channel berada di kedalaman 115 meter di bawah permukaan laut.

Jika jalur kereta Tiongkok ke AS jadi dibangun, ini akan mengalahkan terowongan Channel dan terowongan Seikan. Meskipun memungkinkan, membangun terowongan bawah air yang mengelilingi separuh dunia sepertinya adalah pekerjaan yang cukup menantang.

Pembuatan jalur kereta bawah laut ini pastinya membutuhkan rekayasa teknik yang tidak main-main. Terowongan ini akan berlabuh ke dasar laut dan mengapung di air serta harus cukup kuat untuk menahan tekanan dari air di sekitarnya dan harus kedap air. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kereta,
#
shinkansen,
#
tiongkok,
#
amerika serikat,
#
kereta bawah laut,
#
underwater train,
#
kereta peluru,
#
train