MENU
icon label
image label
blacklogo

DMV: Kendaraan yang Bisa Menjadi Bus dan Juga Kereta

DEC 30, 2021@18:00 WIB | 144 Views

Jet yang bisa meluncur di atas air, pesawat yang bisa terbagn hingga mencapai stratosfer, ada banyak kendaraan yang membuat kita kagum dengan kemampuan hybrid-nya. Namun ada alat transportasi dengan tampilan "menggemaskan" yang dapat dikendarai di jalan umum seperti bus dan juga dapat dikendarai di rel seperti kereta api. Kendaraan ini disebut sebagai sebagai kendaraan dual-mode/dual-mode vehicle (DMV) pertama di dunia dari jenisnya.

Walaupun memiliki tampilan yang cukup "menggemaskan", tapi kendaraan tidak memiliki nama yang lucu (hanya DMV).  Baru-baru ini DMV memulai debutnya di Jepang, di mana akan dioperasikan oleh perusahaan kereta api swasta-publik, Asa Coast Railway. Ini adalah pencapaian besar bagi perusahaan dan khususnya untuk Prefektur Tokushima, yang telah menunggu sepuluh tahun untuk momen ini. Nippon melaporkan bahwa Shigeki Miura, Walikota kota Kayio di Tokushima, sebenarnya juga merupakan presiden perusahaan kereta api.

DMV asal Jepang terlihat seperti minibus dan dilengkapi dengan ban biasa untuk beroperasi di jalan umum. Tapi keajaiban terjadi ketika roda baja yang turun dari bagian bawah kendaraan, roda tersebut bisa membuat kendaraan bergerak dan berfungsi seperti kereta api. Perubahan mode dari bus biasa ke mode kereta api hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Kelompok drum band lokal mengiringi momen pergantian mode ini dari dalam mobil, menandai kejadian yang mungkin cukup bersejarah ini.

Ditenagai oleh bahan bakar konvensional, minibus/kereta ini dapat mencapai kecepatan hingga 100 kpj (62 mpj) saat berkendara dengan mode sebagai bus dan ketika memakai mode kereta, DMV mampu menembus kecepatan sekitar 60 kpj (37 mpj). Euronews melaporkan. Seluruh armada DMV yang menggemaskan ini, akan tersedia dalam berbagai warna dan siap membawa penumpang dari daerah Tokushima ke Kochi, menghubungkan beberapa kota di sepanjang pantai pulau Shikoku.

Jepang dikenal sangat menghormati orang yang lebih tua, dan DMV dirancang dengan mempertimbangkan mereka. Sarana transportasi ini bisa menjemput orang tua dari terminal bus dan hanya membawa mereka ke kota yang mereka tuju, tanpa harus berpindah dari bus ke kereta api. DMV juga bisa menjadi bentuk penghormatan dan perhatian yang ditunjukkan kepada penduduk lanjut usia. Selain itu, pemerintah daerah berharap dengan adanya DMV akan meningkatkan sektor pariwisata. Lagi pula, siapa yang tidak tergoda untuk mencoba DMV pertama di dunia?. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
dmv,
#
japanese dmv,
#
asa coast railway,
#
bus,
#
kereta,
#
hybrid,
#
kendaraan hybrid