MENU
icon label
image label
blacklogo

Fribo, Robot Kucing Pemantau Rumah

APR 09, 2018@09:00 WIB | 418 Views

Setiap orang pasti pernah merasakan sepi ketika pulang ke rumah. Apalagi jika lingkungan kerja Anda berisi banyak orang, dan secara kebetulan Anda tinggal sendirian di rumah. Keheningan itu kadang menimbulkan masalah tersendiri bagi beberapa orang.

Kehadiran ponsel tidak serta merta membuat suasana menjadi semarak. Toh pada akhirnya, orang hanya akan berkomunikasi melalui papan tombol virtual di ponsel. Namun, saat ini ada suatu alat yang bisa memecah keheningan berkepanjangan di rumah, yakni sebuah robot kucing bernama Fribo. Fribo memantau keadaan menggunakan suara. Fungsi ini memungkinkan Fribo untuk memantau seluruh rumah, meski hanya tersedia satu saja.

Fribo bisa mengenali suara vacuum cleaner, mesin cuci yang menyala, suara lemari es yang terbuka dan tertutup bahkan mendeteksi suara dari pintu rumah atau pintu lain secara spesifik. Berbekal sensor ultrasonic, Fribo bisa merasakan kehadiran orang di dalam rumah, demikian juga dengan suhu, kelembaban bahkan cahaya.

Perangkat ini akan mengirimkan pesan suara pada Fribo lain dalam jaringan koneksi Anda begitu mendeteksi sebuah suara. Sebenarnya Fribo bisa saja disebut layaknya media social. Namun, berbeda dengan media social, Fribo akan menjaga privasi si pembuat suara tersebut.

Di samping fungsi mengenali suara yang sudah dibenamkan sebelumnya, Anda juga bisa melatih Fribo untuk mengenali jenis suara lainnya. Meski begitu, suara yang didengar dan dilaporkan Fribo tidak akan disimpan dalam perangkat ini. Keamanan pun tetap terjamin. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
robot,
#
fribo