MENU
icon label
image label
blacklogo

Aplikasi Virtual Reality Ini Buat Pengemudi Lebih Peduli Saat Berkendara

OCT 24, 2017@22:00 WIB | 669 Views

Berkolaborasi dengan Google, Ford meluncurkan sebuah aplikasi VR yang akan meminimalisir gangguan pada saat mengemudi. Aplikasi ini dinamakan Ford Reality Check.

Teknologi ini mengandalkan perangkat Daydream VR buatan Google. Aplikasi ini akan mentrasmisikan berbagai gangguan yang berpotensi menjadi trigger terganggunya konsentrasi pengemudi di jalan. Seperti pesan yang masuk, telepon, dan lain sebagainya.

“Terlibat dalam kecelakaan mobil bisa menjadi pengalaman yang mengubah hidup. Kami berharap dengan memberikan sekilas tentang betapa mudahnya hal ini dapat terjadi, kami akan mendorong untuk mengemudi yang lebih aman,” tutur Jim Graham, Manager Ford Driving Skills for Life. Selain itu menurut Jim, virtual reality dapat menjadi sarana yang sangat pas untuk menyoroti bahaya tersebut.

“Virtual reality adalah media ideal untuk menyoroti bahaya mengemudi bagi pengendara muda. Kelompok usia ini lebih cenderung terlibat dengan VR, dan studi menunjukkan bahwa pengalaman mendalam di dunia maya dapat secara positif mempengaruhi perilaku di dunia nyata juga.” lanjut Jim.

Semua gangguan yang telah disebutkan sebelumnya merupakan bagian dari berbagai gangguan yang ada di Ford Reality Check. Sebagian besar dari ponsel cerdas dan penumpang. Aplikasi ini bahkan bisa melacak lama waktu pengemudi tak memperhatikan jalan.

Setelah tes awal, Ford mengatakan bahwa 90% orang yang menggunakan aplikasi mengatakan bahwa mereka akan mengubah perilaku mereka mengemudi setelah apa yang mereka alami pada aplikasi tersebut.

Ford Reality Check akan mulai dipamerkan di acara Driving for Life pada tanggal 17-19 November di ExCel. Aplikasi ini juga nantinya akan tersedia di Google Play Store. [Hlm/timBX]

Tags :

#
aplikasi virtual reality,
#
virtual reality,
#
blackbox