MENU
icon label
image label
blacklogo

Perhatikan Kondisi ini Ketika Mengerem

SEP 03, 2019@13:39 WIB | 111 Views

Salah satu hal yang menakutkan bagi pengemudi kendaraan adalah ketika tak berfungsinya rem. Betapa paniknya jika kendaraan melaju di atas 50 km/jam atau terlebih lagi di jalanan yang menurun/menanjak. Mungkin jadi engine brake bisa jadi salah satu pengerem darurat atau menarik rem tangan secara perlahan (untuk yang masih manual).

Sebenarnya ada hal yang perlu diketahui bagaimana ciri-ciri rem kendaraan yang blong seperti apa, agar sedini mungkin pengendara memberhentikan/mengurangi kecepatan kendaraannya seperti berikut:

1. Pedal Rem Terasa Ringan

Bisa jadi tekanan pada cairan rem sudah mulai berkurang atau sudah habis, injakan pedal pun bukan tidak hanya ringan, tapi hilang. Angin pada sistem rem juga bisa membuat pedal rem ringan.

2. Mobil Berbelok Ke Sisi Lain Ketika Mengerem

Nah, ini mungkin kalian pernah merasakannya. Ketika mengerem, mobil cenderung berbelok ke kiri atau ke kanan, sehingga kalian harus menyeimbangkannya. Ini bisa jadi bahwa distribusi cairan rem terganggu di satu sisi.

3. Terjadi Lag Ketika Mengerem

Ini terjadi ketika mengerem, cakram/fungsi rem tidak langsung bekerja dan butuh beberapa waktu untuk merasakan pengeremannya. Biasanya ini karena kampas rem yang sudah aus.

4. Ada Getaran Ketika Mengerem

Biasanya ada komponen yang aus seperti sepatu atau kampas rem. Umumnya terjadi karena kampas rem sudah habis permukaannya dan Anda belum mengganti dengan yang baru. Tidak adanya kampas rem mengakibatkan piringan dan pegangan kampas rem bergesekan yang notabenennya bukan terbuat dari karet. Belum lagi jika melakukan pengereman dalam waktu yang lama, menyebabkan dua benda ini panas dan bisa mengakibatkan percikan api.[prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
rem,
#
cakram,
#
tromol,
#
blong