MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive: Nissan All New NP-300 Navara, Classy Adventurer

FEB 19, 2016@13:40 WIB | 7,767 Views

Sejatinya mobil bergenre double cabin tidak dituntut untuk menampilkan segudang fitur ala sedan nan mewah. Namun hal tersebut telah berubah, kini mobil double cabin telah banyak disematkan fitur-fitur menarik dan membantu pengemudi menikmati perjalanan. Dengan tidak mengurangi kemampuan di trek kasar, mobil berjenis niaga ini juga nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Blackxperience.com akhirnya berkesempatan untuk mencoba langsung All New Nissan NP-300 Navara tipe VL. Sejak pertama kali diluncurkan, Navara generasi ketiga ini memang tampil lebih menggoda. Tiap lekuk pada bodi mobil ini dibuat layaknya pria berotot kekar yang akan melindungi penumpang didalamnya. Nissan melakukan rombakan menyeluruh pada Navara baik dari segi eksterior hingga interior.

Kendaraan berkelir Savanna Orange ini jauh lebih kekar dari versi sebelumnya, panjangnya yang mencapai 5.255 mm membuat kami harus ekstra hati-hati ketika mengeluarkan mobil dari Wisma Indomobil. Desain dashboard yang landai memudahkan pengendara untuk memastikan ujung bemper tidak mencium tembok. Posisi duduk pengendara mudah diatur dengan sedikit sentuhan pada tombol pengatur elektrik 8 arah. Masuk kejalanan, All New Nissan NP-300 Navara melaju mulus tanpa menimbulkan getaran hebat ala mesin diesel modern.

Panel indikator kecepatan yang memadukan instrumen digital 3D dengan spidometer analog cukup memandu pengendara untuk mengatur kecepatan. Untuk menikmati alunan musik pada All New Nissan NP-300 Navara semakin menyenangkan. Pengendara tidak perlu menjangkau monitor 7 inci dengan fitur layar sentuh, karena pada sisi kiri kemudi, sudah terdapat fitur audio control. Sedangkan pada sisi kanan setir terdapat pengatur cruise control, kami bisa membebaskan kaki untuk menginjak pedal gas. Fitur ini tidak kami sarankan untuk diaktifkan pada kondisi jalanan padat karena bisa berbahaya.

Memasuki jalan tol Jagorawi yang cukup kosong pada siang hari, membuat kami cukup merasa tertantang untuk mengetahui peforma double cabin yang dikenal dengan nama Frontier di negeri Paman Sam tersebut. Selepas kami menonaktifkan fungsi cruise control, kamipun langsung menginjak pedal gas sedalam-dalamnya. Badan kami langsung tertanam lebih jauh seketika mesin empat silinder 16 katup VGS Turb Intercooler Navara menumpahkan tenaganya. Akselerasi Navara juga kian mantap ketika kami mencoba manual mode 7 percepatan mobil berpenggerak empat roda ini.

Kami mulai mendekati tujuan utama kami dalam menguji kemampuan All New Nissan NP-300 Navara. Keluar tol Gunung Putri, kami langsung menuju gunung kapur di kawasan Klapanunggal. Jalanan rusak berbatu dan becek menjadi santapan suspensi independent double wishbone Navara kali ini. Peranti front stabilizer bar membuat badan kami tidak terombang-ambing meskipun mobil melalui jalanan rusak seperti ini.

5 link coil spring dengan sokongan shock absorber dengan sigap menjaga bagian buritan mobil agar tetap pada jalurnya. Kami harus bergantian dengan dump truck yang mengangkut batu kapur berukuran besar untuk sampai pada tempat pemotretan. Disini kami mengaktifkan fitur LSD (Limited Slip Diferential) dan juga sistem penggerak empat roda. Torsi mobil sebesar 450Nm pada 2000 rpm memudahkan tim untuk menaklukkan medan yang cukup tricky tersebut. 

Well, ground clearance All New Nissan NP-300 Navara yang mencapai 220 mm cukup memadai. Maklum saja, mobil ini tidak dirancang untuk menjadi mobil penggaruk tanah sesungguhnya. Namun dengan segala kemampuan yang dimilikinya cukup menyenangkan melibas lintasan berbatu di gunung kapur. Fitur-fitur modern yang tertanam juga tidak mengecewakan. Sampai di tujuan kami langsung mengabadikan seksinya tampilan Navara dengan background gunung. Trek basah yang mengandung kapur membuat mobil sedikit kotor, namun hal ini tidak mengurangi kesenangan kami untuk menjepret setiap detil dari mobil seharga Rp 436,3 juta tersebut.

Dari segi eksterior, tonjolan pada sisi kanan dan kiri kap mesin layaknya otot kekar seorang bodi builder. Headlamp baru dengan DRL (Day Running Light) membuatnya tambah sangar, fog lamp baru yang dilapisi krom memberi kesan mewah pada Navara. Rear combination lamp baru kian menyegarkan tampilan kendaraan. Fitur rear sensor parking dapat membantu pengendara ketika hendak memutar di area yang sempit.

Masuk kedalam kabin, All New Nissan NP-300 Navara menawarkan sejumlah peranti mewah ala sedan. Jok berlapis kulit berwarna gelap menambah kesan kenyamanan dalam kendaraan. Ruang baris kedua juga cukup lega untuk diisi penumpang dewasa, namun jangan harapkan kenyamanan ekstra pada bagian ini karena posisi jok tidak bisa diatur naik dan turun. Namun jok tersebut bisa dilipat untuk Anda yang membutuhkan ruang lebih untuk membawa barang bawaan dengan aman.

Thats it, petualangan seharian kami bersama All New Nissan NP-300 Navara usai sudah. Kamipun bergerak pulang seiring dengan senja datang dan langitpun mulai gelap. Fitur LED projector memandu kami pulang diiringi lantunan musik merdu dari keluar dari enam speaker Navara. Mesin berkapasitas 2.488 cc ini tetap asik meskipun telah diajak bertempur seharian. [dw/timBX]


Spesifikasi:

Mesin : In-line 4 cylinder DOHC 16 Valves VGS Turbo Intercooler
Kapasitas : 2.488 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Commonrail Controlled ECCS 32 bits
Tenaga Maksimum : 190 hp / 3.600 rpm
Torsi Maksimum : 450 Nm / 2.000 rpm
Transmisi : 7-speed A/T with manual mode
Sistem Penggerak Roda : 4 wheel drive
Bahan Bakar : Solar
Kapasitas Tangki : 80
Panjang : 5.255 mm
Lebar : 1.850 mm
Tinggi : 1.820 mm
Sumbu Roda : 3.150 mm
Suspensi Depan : Independent double wishbone with front stabilizer
Suspensi Belakang : 5-link coil spring with shock absorber
Ban : 255/60 R18
Fitur lain : Projector headlamp, LED Daytime Running Light (DRL), electric driver seat, 2 front airbags, ABS, EBD, Active brake Limited Slip Diferential (LSD), Hill Start Assist, Traction Control System (TCS), Vehicle Dynamic Control, Rear defogger, Cruise Control, Smart Entry with Immobilizer, Parking Camera, Wirless Charger, Audio Steering Switch, High mounted LED stop lamp, 7 inch monitor touch screen with bluetooth, 6 speaker, Bed liner, Sunglass holder, Front sun visor with illuminated vanity mirror, auto dimming room mirror with compass, push start button, Multi Information Display (MID), USB/AUX input.
Harga : Rp 436,3 juta on the road Jakarta
 

Tags :

#
all new nissan np-300 navara,
#
classy adventurer,
#
offroad,
#
test drive,
#
review car,
#
nissan,
#
nissan navara