MENU
icon label
image label
blacklogo

New Honda Mobilio: Perbedaannya Lebih Terasa

MAY 04, 2017@12:44 WIB | 4,863 Views

New Honda Mobilio merupakan facelift kedua yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk Low MPV terlarisnya, Mobilio. Facelift pertama dilakukan HPM sekitar pertengahan 2016.

Jika Anda bertanya mengapa HPM sebagai produsen mobil Honda di Indonesia begitu cepat melakukan dua kali langkah penyegaran bagi Mobilio? Honestly, awalnya pertanyaan itu pula yang ada di benak tim redaksi BlackXperience. Namun saat HPM memperkenalkan New Honda Mobilio, maka sedikit banyak pertanyaan itu pun terjawab.

Dibanding Mobilio facelift di tahun 2016, cukup banyak yang berubah dari New Honda Mobilio. Meskipun tetap saja banyak pihak yang mencibir "rasa" Mobilio dari generasi pertama tetap ada, namun menurut kami it's better than before! Dan model yang kami uji kali ini tipe RS dari Mobilio.

Pada sisi eksterior misalnya, kalau dibandingkan facelift pertama yang keluar tahun lalu, maka jika melihat paras New Mobilio 2017 orang akan bisa membedakan jika ini model terbaru dari Mobilio. Lampu utamanya berubah jadi lebih tajam, front grill juga dipertegas yang kini menggunakan warna black gloss bukan chrome. Emblem RS tetap dipertahankan sebagai jati diri ini model Mobilio tertinggi. Sementara bentuk bumper juga kini dipertegas aura sportinya.

Selanjutnya kebagian sisi, meskipun ubahannya tak terlalu signifkan tetap ada yang diganti oleh HPM. Contohnya desain velg yang berubah dan sekarang pakai kombinasi warna dark grey dengan polish, bukan lagi black gloss dan polish. Kemudian spion luar juga kini pakai lampu sein LED dengan mika yang lebih kecil, dan spion ini sekarang bisa dilipat secara elektrik dari sisi pengemudi.

Perbedaan lainnya juga bisa ditemui pada adanya chrome garnish di bagian belakang yang menghubungkan antara lampu rem belakang sebelah kiri dan kanan. Kemudian aksen hitam pada bemper belakang juga sedikit diubah agar kesan tegas lebih menonjol. Satu hal lagi perbedaan dari New Honda Mobilio RS ini adalah atapnya yang sekarang berwarna hitam dikombinasikan dengan roofrail berkelir silver.

Lalu apa lagi yang berubah? Di bagian dalam tentunya. Kalau pada Mobilio RS facelift tahun lalu cuma dashboard yang diganti, maka hal itu juga diamini pada New Honda Mobilio RS. Dashboard-nya tetap serupa facelift pertama, tapi ada tambahan ubahan lain.

Yakni di sektor kursi. Seluruh jok sekarang sudah menggunakan sandaran kepala yang terpisah dari bodi jok. Kemudian Honda juga mengklaim ketebalan jok sedikit ditambah untuk meningkatkan kenyamanan.

Mesinnya ikut diubah? Tidak. Honda tetap mempercayakan mesin 1.5L SOHC i-VTEC dengan teknologi Dive By Wire pada New Mobilio RS paling baru ini. Tetap juga menggunakan transmisi CVT Earth Dream Technology, maka otomatis sensasi berkendaranya tetap serupa Mobilio tahun lalu.

Kemampuan akselerasinya masih sama, kesigapannya menaklukkan jalan-jalan menikung juga masih tetap baik, dan kehadiran Eco Indicator juga tetap bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Namun entah mengapa, kami merasakan ada sedikit tambahan kenyamanan selama mengemudikan New Honda Mobilio RS. Walau pun perbedaannya tidak signifikan tapi lebih baik dari Mobilio sebelumnya. Kemudian hal baru yang kami temui saat pengujian MPV tujuh penumpang ini adalah keberadaan fitur Hill Start Assist dan Vehicle Stability Program.

Hill start Assist membantu pengemudi saat harus kembali berakselerasi dari posisi diam atau berhenti di kontur jalan menanjak.

Dengan fitur ini Anda tak perlu lagi khawatir mobil merosot setelah melepas pedal rem, karena sistem akan menjaga mobil pada posisinya dalam beberapa detik sampai Anda kembali menginjak pedal gas dan berakselerasi.

Sementara Vehicle Stability Program membantu Anda untuk tetap menikung dengan presisi tanpa takut mobil kehilangan kendali akibat over steer atau under steer. Biasanya kedua fitur ini disematkan pada mobil mobil middle up, namun Honda berbaik hati sudah menempatkannya pada mobil di bawah Rp 300 juta.

New Honda Mobilio RS tipe CVT yang kami uji kali ini dipatok oleh HPM harganya Rp 243,5 juta on the road Jakarta. Lebih tinggi dari pada avanza Veloz (Rp 236 juta) dan Suzuki Ertiga Dreza (Rp 239,5 juta). Oh ya, varian warna Phoenix Orange Pearl ini cuma bisa ditemui pada tipe RS. [Prs/timBX]

Spesifikasi New Honda Mobilio RS :

Dimesi : 4.398mm x 1.683mm x 1.603mm
Jarak SUmbu Roda : 2.650mm
Mesin : 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Daya Maksimum : 118 PS / 6.600 rpm
Torsi Maksimum : 145 Nm / 4.600 rpm
Transmisi : CVT with Earth Dreams Technology
Suspensi Depan: MacPherson Strut
Suspensi Belakang : H-Shape Torsion Beam
Ban : 185 / 65 R15

Tags :

#
new honda mobilio,
#
new honda mobilio facelift,
#
honda,
#
honda mobilio,
#
mobilio,
#
blackauto,
#
autoreview