MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes AMG GLA 45 - High Performance Crossover

APR 20, 2017@18:18 WIB | 147 Views

Fitur canggih lainnya adalah Active Parking Assist, sistem ini akan bekerja saat Anda berjalan secara perlahan, lalu mobil akan mendeteksi lahan kosong yang bisa Mercedes - AMG GLA 45 – High Performance Crossover

Sebuah SUV crossover kerapkali menjadi kendaraan perkotaan yang memilki dimensi kompak, dengan mesin memadai, dan tentu kepraktisan yang membuatnya dapat diandalkan. Namun tidak semua orang mudah merasa puas, karena orang-orang tertentu menginginkan performa tinggi dengan pengendalian mumpuni tanpa menghilangkan segi kepraktisan. Jika Anda termasuk golongan tersebut, maka Mercedes Benz Distributor Indonesia memiliki mobil yang sanggup memenuhi sisi buas Anda, yaitu Mercedes-AMG GLA 45. 

Dari bahasa desain eksterior, Anda dapat melihat bahasa desain yang jauh lebih agresif dibandingkan dengan GLA ‘biasa’. GLA 45 mengadopsi bahasa desain yang agresif berkat penggunaan AMG bodystyling pada sekujur tubuhnya. Mulai dari front bumper, grille, side skirts,velg AMG 5-twin-spoke alloy 19 inci, hingga bagian buritan. Penyematan emblem GLA 45 dan AMG semakin mempertegas statusnya sebagai varian berperforma tinggi. Dan emblem 4Matic pada bagian buritan menjelaskan varian ini mengadopsi sistem penggerak All-Wheel Drive.

Nuansa sport semakin kentara saat saya memasuki ruang kabin. GLA 45 memiliki nuansa kabin berdesain sport berkat penyematan trim AMG di berbagai sektor. AMG menyemati detail kecil seperti panel pintu, karpet, instrumental panel, sabuk pengaman berwarna merah, pedal akselerator & rem, dan tentu saja lingkar kemudi.

Lingkar kemudi berdesain 3-spoke dengan jahitan merah membuatnya semakin sedap dipandang. Anda dapat mengakses berbagai fungsi dari sini, salah satu yang menurut saya yang sangat menarik adalah Distronic Plus. Fitur ini adalah nama lain teknologi Adaptive Cruise Control dari Mercedes-Benz.

Berbeda dengan fitur Cruise Control pada umumnya, Distronic Plus akan menyesuaikan kecepatan mobil Anda dengan mobil yang berada di depan Anda. Jika mobil di depan berakselerasi, maka GLA 45 akan menambahkan kecepatan, begitupula sebaliknya jika mobil di depan mengurangi kecepatan, GLA 45 akan menyesuaikan kecepatan.

Sistem ini dapat mengurangi kecepatan mobil hingga berhenti total, hanya saja jika mobil di depan berhenti secara mendadak, sistem alarm akan berbunyi agar Anda mengambil tindakan pencegahan. Dan yang perlu diingat, Distronic Plus hanya disarankan untuk digunakan di jalan bebas hambatan saja.

Kembali ke dalam kabin, jika pada GLA ‘standar’ tuas transmisi terletak pada di balik lingkar kemudi, maka pada GLA 45 tuas transmisi berada di tengah konsol sehingga membuat berkendara lebih terasa natural. Hal ini didukung dengan penggunaan jok bertipe semi-bucket yang sanggup menyokong tubuh saat bermanuver.

Jika Anda ingin parkir, Anda tinggal mengaktifkan fitur tersebut melalui lingkar kemudi, dan mobil akan parkir dengan sendirinya, Anda hanya mengatur transmisi, serta pedal gas maupun rem. Lingkar kemudi akan berputar dengan sendirinya.

Meskipun nuansa sport sudah terasa kental, hanya saja sistem hiburan terlihat tidak begitu istimewa, begitu pula dengan tombol pengaturan sistem pendingin udara. Namun hal tersebut bukanlah halangan yang berarti, karena fokus GLA 45 berada di sensasi berkendara.

Untuk menggerakkan mobil berbobot 1.440 kg, GLA 45 dilengkapi dengan mesin AMG 2.0 liter 4 - silinder turbo. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 360 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 450 Nm pada 2.250 – 5.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda melalui transmisi Dual Clutch AMG 7 – percepatan.

GLA 45 memiliki tiga mode berkendara yang bisa Anda pilih, yaitu eco, sport, dan manual. Mode Eco tentu akan menjadi pilihan terbaik jika Anda menggunakan untuk kondisi perkotaan. Mode Sport merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin mencicip setiap tetes dari performa miliknya.

Pindahkan ke Sport mode, GLA 45 menjadi mobil buas yang bisa membuat Anda lupa sedang mengendarai sebuah Crossover. Perpindahan gear menjadi semakin cepat, Anda dapat bermanuver dengan tajam berkat sistem 4Matic yang menjaga stabilitas di berbagai kondisi yang dipadukan dengan AMG sport suspension.

Injak pedal sedalam mungkin, lalu putaran mesin akan meraung dengan cepat. Perpindahan gear menjadi drama tersendiri akibat letupan knalpot dari AMG Sport exhaust system yang menyenangkan. Mercedes mengklaim akselerasi 0 – 100 km/h hanya membutuhkan waktu 4,4 detik. Rasanya bukan angka yang mustahil untuk dicapai dengan performa yang mengejutkan.

Mercedes-AMG GLA 45 memberikan beragam hal terbaik yang bisa Anda dapatkan dari Crossover. Kelincahan dan kepraktisannya tidak perlu diragukan lagi, ditambah dengan berbagai fitur canggih yang tidak bisa Anda temukan di mobil lain menjadi nilai tambah. Dan yang terpenting performanya yang menjanjikan dengan kestabilan 4Matic membuat Anda dapat memaksimalkan potensi mobil di berbagai kondisi. Harga jual off the road senilai Rp 1,269 miliar tentu bisa menjadi pertimbangan Anda. [aag/timBX]

Spesifikasi Mercedes-AMG GLA 45 AMG
Mesin: AMG 2.0 liter 4 – silinder turbo
Tenaga: 360 hp @ 6.000 rpm
Torsi puncak: 450 Nm @2.250 – 5.000 rpm
Transmisi: AMG Speedshift DCT 7 – percepatan
Suspensi depan: MacPherson Strut with AMG Performance Suspension
Suspensi belakang: Multi-Link wih AMG Performance Suspension
Rem depan: Cakram ventilasi 13,8 inci
Rem belakang: Cakram ventilasi 13 inci
Harga : Rp1,269 miliar off the road.