MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda HR-V Mugen Be Ahead

OCT 26, 2017@11:27 WIB | 2,171 Views

Mengemudikan Honda HR-V Mugen sama memuaskannya dengan menyaksikan konser penyanyi pujaan, karena saya baru saja melakukannya. Honda sudah merancang mobil ini dari awal untuk mencolok. Bukti pertama; bonnet yang inspirasinya diambil dari mata panah. Di satu sisi, styling Mugen ini menampilkan sisi lain Honda yang low-profile dan progresif.

Konsep ini diangkat karena Honda percaya, mereka telah jauh melangkah melebihi apa yang diharapkan konsumen dari sebuah mobil di kelas crossover. Kesan pertama, setidaknya dari luar, Honda berhasil melakukannya. HR-V Mugen lebih sporty ketimbang versi reguler, lebih bergaya dan tidak terlalu lembek. Tidak revolusioner, tapi murni dan berkarakter.

Semacam keseimbangan antara orisinal dan non-konvensional, sedikit gaya acak dan simpel yang berpadu dengan baik. Bagian depannya bagus, dengan sedikit sentuhan ala GT yang terlihat dari aksen hitam di bumper depan. Gril abu-abunya kini lebih dinamis dan cluster belakangnya melengkung yang mendukung desain lekukan. Sangat apik, dan menarik.

Interiornya tidak seunik eksterior, tapi setidaknya HR-V Mugen menyerminkan dia dirakit oleh orang-orang yang berkonsentrasi penuh dan berkomitmen. Desain dashboard berkesan ‘anak muda banget’ dan juga modern. Ia tidak terasa membosankan. Pintunya juga dapat menutup dengan lembut dan menyenangkan tanpa perlu banyak tenaga. Ada berbagai fitur berteknologi tinggi yang bisa kita temui dalam interior. Combi meter cluster dengan desain 3D layer dilengkapi Multi Information LCD Display yang menampilkan segala informasi yang dibutuhkan bagi pengemudi maupun penumpangnya.

Sistem audio HR-V Mugen dilengkapi floating 8 inci touchscreen monitor. Pengaturan audio juga bisa dilakukan melalui steering switch pada lingkar kemudi. Suhu AC dapat diatur dengan smart touch secara digital, ini mempercepat proses pendinginan, daan secara otomatis memperhitungkan suhu luar kabin. Joknya nyaman, lebar, dan mudah diatur. Kaca depannya enak dilihat. Kesan lega yang dihasilkannya menyenangkan. Jok belakangnya semakin betah untuk diduduki berkat fungsi reclining pada tipe tertinggi ini.

Pengemudiannya juga sama bagus. Pengendaliannya enak, jauh lebih baik, dirancang secara matang. Untuk menciptakan HR-V Mugen menjadi yang terdepan di kelasnya, terdapat beberapa aspek yang dirancang oleh Honda. Diantaranya adalah teknologi transmisi CVT barunya yang mengaplikasikan Earth Dream Technology.

Saat Blackxperience melakukan test drive di kawasan BSD Serpong, akselerasi dari transmisi CVT  baru HR-V Mugen ini terasa sangat halus dan bertenaga dengan mesin 1.800 cc. Kalau anda termasuk maniak power gede, ini bisa menjadi jawaban karena output HR-V Mugen sebesar 139 HP. Sesuai dengan emblem Mugen yang dibawanya. Tapi janganlah langsung ugal-ugalan, karena kita akan belajar bahwa kemampuan sebuah mobil tidak dapat semata mengandalkan seberapa besar horse power yang dihasilkan.

Dengan produksi power segitu, Honda jelas-jelas unggul bersaing dengan kompetitornya. Namun disinilah bedanya. Konsumen akan belajar bahwa teknologi i-VTEC mampu memproduksi tenaga besar pada putaran mesin rendah. Dengan teknologi baru itu, torsi yang dihasilkan 169 Nm. Ini membuat pengemudi merasa HR-V Mugen lebih responsif, khususnya di perkotaan yang lalu lintasnya padat. Kecepatan maksimum di tol yang bisa saya capai hanya 180 km/jam. Meskipun mesinnya sedikit berisik ketika gas ditekan dalam-dalam, namun getarannya minimal. Ini karena komponen-komponen mekanis itu dilekatkan ke body lewat sub-frame.

Karena itulah yang dibutuhkan sebuah crossover, gesit di jalanan kota yang padat, irit bahan bakar karena bekerja pada putaran rendah dan nyaman. Bahkan ketika melaju dengan kecepatan diatas 100 km/jam, jarum tachometer hanya menunjuk angka di kisaran 3,000 rpm.

Pengendaraan semakin nyaman dengan proses perpindahan gigi yang lembut pada sistem matiknya. Sistem matiknya dilengkapi dengan adaptive logic, program komputer yang dapat menahan agar gigi tidak terlalu cepat dinaikkan atau diturunkan, yang sangat berguna ketika menjelajah di daerah perbukitan.

Tentu saja peran transmisi baru tidak bisa diabaikan. Dengan teknologi otomatis elektronik, mobil bergerak lembut dan halus. Honda kembali mengenal terminologi ‘gear’ atau ‘speed’, ketimbang menggunakan teknologi CVT terdahulu yang bisa mensimulasikan seolah-olah ada ‘6-speed automatic’. Dan bila anda memutuskan menggunakan paddle-shift untuk memindahkan ‘gear’ secara manual, pergunakan secara efisien. Karena rasio ‘gear’ begitu rapat, maka jempol tangan anda harus bekerja keras.

Jika kita ingin berkendara dengan santai, crossover ini juga dilengkapi fitur cruise control yang memungkinkan mobil berjalan secara konstan pada kecepatan yang telah kita tentukan tanpa menginjak pedal gas. Unjuk kerja suspensi full independen yang terdiri dari MacPherson strut, coil spring (di depan) dan H-shaped torsion bar, coil springs (di belakang). Kekakuan body HR-V Mugen cukup mengesankan, dipadu dengan velg Mugen 17 inci, membuat HR-V Mugen sangat tanggap terhadap perubahan sudut kemudi. Kombinasi itu menghasilkan pengendaran yang lembut, halus, stabil di tikungan dan tidak ada lagi efek nose-dive  (menukik) ketika direm.

HR-V Mugen juga praktis dan fungsional. Sebagai crossover, dia dituntut untuk menjadi mobil yang serba guna. Ada ruang lebih banyak lagi di bagasi jika kursi baris keduanya dilipat. Ini membuat perjalanan jauh dengan membawa banyak barang bersamanya menjadi masuk akal, dengan tetap menjaga kepraktisannya untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Mobil yang bagus. Artinya, Anda memiliki croosover Honda kompak yang berpenampilan keren, memiliki kemampuan yang bagus, dan tidak perlu penjelasan atau alasan apa pun. Jauh lebih baik dibanding versi biasa dan memang itu yang diperlukan Honda. Apalagi jika Anda menyari sesuatu yang menyakup hal mendasar dan memiliki karakter, Honda HR-V Mugen akan memuaskan Anda. [bil/timBX]

Spesifikasi Honda HR-V Mugen 1.8L

Mesin: SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC

Transmisi CVT 6-speed

Kapasitas: 1,800 cc

Tenaga: 139 hp @ 6.500 rpm

Torsi maksimum: 169 Nm @ 4.300 rpm

Kecepatan puncak: 180 kpj

Suspensi : MacPherson Strut & H-Shape Torsion Beam (depan & belakang) 

Dimensi Roda: 215/55 R17

Harga: Rp 403.000.000

Tags :

#
honda hr-v mugen,
#
honda hr-v,
#
honda,
#
autoreview