MENU
icon label
image label
blacklogo

WRC: Sebastian Loeb di Pastikan Akan kendalikan Mobil C3

JUL 29, 2017@15:00 WIB | 250 Views

Sebastian Loeb dipastikan akan kembali ke tim Citroen Racing guna melakukan tes mobil C3 WRC pada lintasan aspal pada bulan depan. Seperti diketahui, berdirinya PSA Motorsport telah mencakup dari tiga pabrikan mobil sekaligus yakni, Peugeot, Citroen dan DS. Dengan masih terikatnya kontrak pebalap tersebut sudah bisa dipastikan sebastian Loeb akan mengendalikan mobil C3 selama satu hari di lintasan aspal.

"Dengan berdirinya PSA Motorsport, kini kami bisa membentuk sebuah tim besar. Selain untuk berkompetisi di balap reli lintas negara kami dan di aiang World Rallycross Championship bersama dengan Peugeot, saya bisa membawa pengalaman saya untuk Citroen dalam melakukan tes mobil C3." Ungkap Sebastian Loeb.

Perlu diketahui juga, Sebastian Loeb adalah seorang pereli mobil professional asal Prancis. Saat ini dirinya membalap di ajang World Touring Car Championship bersama tim Citroen. Sebelumnya dia juga membalap di World Rally Championship dengan Citroen.

Prestasi terbaiknya adalah menjadi juara dunia WRC dari musim 2004 hingga 2012. Pada musim 2008, ia menjadi Juara Dunia untuk kelima kalinya secara berturut-turut, sekaligus mematahkan rekor Tommi Makinen dan Juha Kankkunen.

Loeb, dengan co-driver Daniel Elena memulai debut WRC-nya pada tahun 1999. Saat itu ia hanya turun sebagai pebalap penguji dan belum penuh turun di satu musim penuh. Pada musim 2002 ia mulai turun penuh diajang WRC.Kemenangan pertama Loeb diraih di reli Jerman 2002. Bahkan pada musim 2003 ia berpeluang untuk merebut gelar dunia pertamanya, sayangnya ia gagal disaat-saat akhir oleh Petter Solberg.

Pada musim 2006 dan 2007, ia bersaing ketat dengan Marcus Gronholm. Namun nasib baik rupanya masih menyelimuti Loeb. Walaupun Gronholm sudah berjuang dengan baik sejak reli pembuka, namun ia malah gagal di saat akhir, akhirnya Loeb mampu menyusul Gronholm sekaligus meraih gelar di kedua musim tersebut.

Tahun 2011 adalah tahun pertamanya dia mendapatkan perlawanan keras dari rekan setimnya, Sebastien Ogier. Loeb dan Ogier sama-sama memenangi 5 reli pada tahun tersebut. Di akhir musim Loeb menjadi juara dunia, sedangkan Ogier harus takluk dari pebalap Ford, Mikko Hirvonen dan berada di posisi 3 di akhir klasemen. Pada tahun 2013 Loeb hanya mengikuti 4 reli di musim tersebut: Monte Carlo, Swedia, Argentina, dan Perancis. Setahun kemudian dia membalap di WTCC, masih dengan Citroen.

"Saya tidak sabar untuk bisa kembali ke dalam mobil WRC dan melihat seberapa besar perubahan yang terjadi di ajang tersebut. Saya masih menggemari dunia reli," "Dari semua ajang motorsport yang pernah saya coba sejak pensiun dari WRC selama lima tahun yang lalu, reli masih menjadi ajang yang paling saya cintai." tutur Loeb. [yus/timBX]

Tags :

#
wrc,
#
sebastian loeb,
#
blackauto,
#
autonews