MENU
icon label
image label
blacklogo

VinFast Melesat di 2021 dengan Luncurkan 11 Produk

DEC 22, 2020@08:30 WIB | 195 Views

Perusahaan start-up Vietnam yang bergerak di industri otomotif, VinFast, tampak belum puas dengan koleksinya saat ini. Produsen mobil nasional Vietnam itu begitu antusias mengembangkan banyak produk dan mulai bergerak di segmen SUV.

Sebelas mobil potensial baru-baru ini dipamerkan oleh pabrikan di negara asalnya. Sebuah kabin ganda merupakan salah satu dari 11 kendaraan potensial yang telah didaftarkan oleh perusahaan start-up ambisius, yang mereka sebut dengan ‘perlindungan desain industri’.

Belum lama ini, VinFast diketahui mendaftarkan hak cipta beberapa model dengan gambar 3D. Informasi yang berkembang, model yang didaftarkan bergenre SUV dengan desain yang hampir sama. Perbedaan paling mencolok terletak pada kisi-kisi mobil, di mana satu memiliki grille besar dengan mesin bensin alias pembakaran internal. Sementara yang lain tampak polos, seperti mobil listrik pada umumnya. Di sini, mereka menunjukkan inovasi untuk memperluas penetrasi pasar.

VinFast merilis gambar produknya, tidak lama setelah memulai operasi di pusat pengujian Lang Lang, tenggara Melbourne. Itu dibeli dari General Motors dengan harga $30 juta dolar AS atau Rp426 miliar pada bulan September lalu.

VinFast juga memiliki pusat pengembangan di dekat situs Holden lama di Fishermens Bend, dan telah mempekerjakan ratusan mantan staf Holden untuk bekerja di sana. Diantaranya adalah test driver ‘Green Hell’, pembuat rekor Rob Trubiani, yang menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan kendaraan di Lang Lang.

VinFast mengungkapkan sangat sedikit rincian teknis dari salah satu kendaraan yang dipamerkan. Selain menyatakan beberapa akan menyertakan powertrain listrik, dua skuter listrik juga terungkap.

Belum ada konfirmasi pasti berapa banyak produk yang akan dibangun dan bagaimana skema pesanan produksinya. Namun diketahui akan ada banyak model yang keluar dari dapur produksi VinFast, termasuk coupe empat pintu, dua tampilan berbeda pada coupe SUV, mini-SUV, hatchback tiga pintu kecil, dua variasi MPV,  sedan besar, mobil van/penggerak orang, dan hatchback mungil. Semua model menampilkan gril VinFast berbentuk V yang khas.

Ledakan model potensial dari VinFast ini kemungkinan besar dikembangkan dari basis produk yang sempit. Pabrikan menjual mobil kecil berbasis Opel Karl, sedan besar berdasarkan mekanik BMW Seri 5 dan SUV besar berbasis BMW X5. Juga termasuk model yang disebut President, dengan dilengkapi mesin Chevrolet V8.

Produk VinFast ini akan mulai dijual pada 2021. Perusahaan baru-baru ini mengungkapkan telah mendirikan pusat teknis di California, mengindikasikan keinginan pabrikan menembus pasar Amerika Serikat. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
vinfast,
#
vinfast 2021,
#
suv,
#
mobil otonom,
#
mobil listrik,
#
inovasi mobil