MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Uji Coba Hilux Dengan Teknologi Hidrogen

JUN 10, 2024@17:30 WIB | 232 Views

Toyota termasuk salah satu pabrikan terdepan yang serius menghadirkan teknologi hidrogen. Baru-baru ini, mereka baru saja memulai uji coba teknologi hidrogen pada mobil double cabin andalan mereka, Hilux.

Melansir Carscoops, Jumat (7/6/2024) disebutkan mereka sudah membuat 10 unit prototipe Hilux berteknologi hidrogen ini. Disebutkan, drivetrain hidrogen yang terpasang pada Hilux ini sama persis dengan yang dipakai di Mirai.

Ketika terpasang di Toyota Hilux, sistem hidrogen ini bisa berjalan sejauh 600 Km dari kondisi tangki penuh hingga habis. Semua unit prototipe Toyota Hilux berteknologi hidrogen ini diproduksi dan melakukan uji coba di Inggris.

Toyota sendiri sudah lama mengumumkan bakal menghadirkan Hilux berteknologi hidrogen. Proyek ini sendiri diperkenalkan pada bulan Desember 2023. Dan pada September 2023, versi prototipe mobil ini sudah mulai diproduksi dan siap diuji coba sebagai mobil operasional di event Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Secara spesifikasi, Toyota Hilux hidrogen mengusung motor hidrogen polymer electrolyte berkapasitas 330 cell. Sistem hidrogen yang terpasang di kap mesin ini dipadu dengan baterai lithium ion yang terpasang di kolong mobil.

Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 180 Hp dan torsi 300 Nm. Untuk sektor sasis dan body masih dipertahankan dari versi standarnya. Artinya Toyota Hilux hidrogen ini masih mengusung sasis Ladder Frame namun dengan penggerak roda belakang, alias bukan penggerak 4x4.

Toyota sendiri masih terus melakukan pengembangan pada Hilux berteknologi hidrogen tersebut. Nantinya, sistem hidrogen yang terpasang pada Hilux bakal mengusung teknologi hidrogen generasi ketiga yang bakal masuk lini produksi antara tahun 2026 atau 2027.

Toyota menyebut bahwa teknologi hidrogen generasi ketiga ini diklaim lebih hemat sekitar 20 persen dibanding yang saat ini masih beredar. Serta sistem hidrogen yang dipakai bakal punya jarak tempuh yang lebih jauh. [edo/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
hilux,
#
double cabin,
#
hidrogen,
#
teknologi

X