MENU
icon label
image label
blacklogo

Tenaga Lebih Buas, Toyota Perlihatkan Tampang Prius Generasi Kelima

NOV 17, 2022@16:00 WIB | 1,031 Views

Toyota baru-baru ini memperlihatkan penampakan pertama dari lineup hybrid legendarisnya, Prius, yang saat ini sudah memasuki generasi kelima. Prius generasi kelima ini rencananya akan debut di pameran mobil Los Angeles 2022.

Prius generasi kelima ini memiliki desain yang gagah dan premium dan terlihat lebih minimalis daripada generasi sebelumnya. Di generasi kelima ini, Prius juga menerima peningkatan kinerja baik dalam efisiensi dan tenaga.

Hatchback ini didasarkan pada platform modular TNGA-C versi generasi kedua yang dirancang untuk kendaraan compact dengan bobot yang lebih ringan dan pusat gravitasi lebih rendah dibandingkan pendahulunya. 

Prius generasi kelima mengusung mesin berkapasitas lebih besar daripada generasi sebelumnya, yaitu 2.0 liter 4 silinder baru untuk komponen pembakaran internal. Mesin terbaru ini sanggup menyembur tenaga hingga 194 hp. Juga membantu meningkatkan daya adalah baterai lithium-ion.

Penggerak semua roda masih tersedia untuk Prius generasi kelima, dalam hal ini motor tambahan yang menggerakkan as roda belakang dengan total output 196 hp. 

Performa lebih tinggi ditawarkan dalam varian plugin-hybrid Prius Prime. Di sini, output gabungan adalah 220 hp, naik hampir 50% pada model sebelumnya, atau cukup untuk akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,6 detik.

Baterai lithium-ion yang lebih besar juga hadir, menghasilkan jangkauan listrik yang menurut Toyota akan lebih dari 50% lebih tinggi dari model sebelumnya. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
toyota,
#
toyota prius,
#
hybrid,
#
phev,
#
mobil