MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki Ecstar Ujicoba Mesin, Sasis dan Aerodinamika GSX-RR di Sepang dengan Sukses, Rins Tercepat Ketiga

FEB 12, 2020@14:00 WIB | 164 Views

(Sylvain Guintoli melahap 300 lap selama 3 hari test pra musim Sepang 7-9 Februai 2020)

Alex Rins, Joan Mir, Sylvain Guintoli, dan Takuya Tsuda adalah empat pembalap yang mengaspal di ujicoba official Pra-MotoGP 2020. Tim Suzuki Ecstar melahap putaran laps dengan cukup kuat, dan tentunya banyak informasi selama tiga hari ujicoba di trek Sepang tersebut.

Alex Rins, ditugaskan tim Suzuki Ecstar untuk bekerja dengan sasis baru, dan berbagai setup motor yang berbeda. Rins juga merasakan performa ban baru dari Michelin, dan dia cukup puas dengan kemajuan Tim Suzuki Ecstar selama 3 hari.

Sedangkan si Joan Mir, pembalap lapis kedua tim Suzuki Ecstar bekerja penuh di ujicoba hari terakhir, untuk setup, elektrikal dan ban. Waktu yang tersisa dia gunakan untuk menyelesaikan simulasi dan dia merasa lebih baik dengan GSX-RR barunya kali ini.

Sylvain Guintoli dan Takuya Tsuda menjadi test rider, yang melengkapi informasi yang ditunjukkan motor GSX-RR, terkait part-part yang bakal digunakan selama balap di musim 2020 ini. Kita saling tahu bahwa tes official MotoGP selanjutnya bakal digelar di Qatar pada 22 Februari nanti.

"Tes pertama tahun 2020 membawa banyak part untuk diuji di lintasan sirkuit. Sasis, swingarm, electronic cowlings dan pembaharuan mesin. Sebelumnya, kami cukup khawatir waktu yang cukup terbatas, untuk pengujian masing-masing part. Kami akan bekerja lebih maksimal saat tes Qatar, agar paket part yang digunakan lebih tepat dan menjadi troubleshooting bagi tim Suzuki Ecstar," jelas Ken Kawauchi, petinggi tim Suzuki Ecstar.

Sementara manajer tim Davide Brivio menyampaikan, bahwa test pra musim berlangsung cukup baik bagi tim Suzuki Ecstar. "Pengujian mesin baru, sasis, aerodinamika dan elektronik menjadi pekerjaan panjang. Namun kami menemukan perbaikan di masing-masing pengujian dan menjadi hal yang positif untuk performance GSX-RR. Rins dan Mir bekerja dengan kecepatan yang cukup baik, dan di Qatar adalah penentu bagaimana keduanya saling bekerja dengan baik dan mempersiapkan balapan pertama," ujar Brivio dikutip dari laman suzuki-racing.com.

Alex Rins sebagai pembalap utama berhasil meningkatkan ritme balapnya, dan menjaga lap per lap cukup kompetitif."Saya senang dengan pencapaian ini, dengan waktu tercepat 1 menit 58.450 detik di hari ketiga. Kami menunggu ujicoba di Qatar untuk mencoba setup bagian baru lagi, sebagai perbandingan pada trek sirkuit yang berbeda," ucapnya.

Sementara Mir juga memberikan catatan yang positif. "Saya mencoba ban soft compound dari Michelin, namun akhirnya catatan waktu kami membaik dengan hard compound, ini sesuatu yang positif.S Kami memiliki potensi yang kuat, dan di Qatar, kami akan menemukan catatan penting lainnya, untuk musim balap 2020 nanti," cetus mir.

Sylvain Guintoli menyambut test resmi pertama tahun 2020 dengan cukup semangat. "Selama tiga hari tes, saya telah menempuh putaran 300 kali. Saya didapuk untuk serangkaian test, seperti paket aerdinamika, dan setup sasis. GSX-RR 1000 terbaru cukup enak, dengan pekerjaan tim yang luarbiasa dan hasil yang hebat," tutup Guintoli.

Belum target tim Suzuki Ecstar tahun 2020. Namun melihat persaingan 2019 kemarin, kinerja GSX-RR tidak terlalu positif di paruh semester kedua, meski Alex Rins adalah pembalap keempat dengan poin terbanyak, setelah disalip beberapa poin dari tim Yamaha pabrikan Maverick Vinales. Kami berharap tim yang disponsori Motul ini bisa kembali head to head dengan pembalap utama dan memenang 10 podium. [Ahs/timBX]

Tags :

#
test pra musim sepang 2020,
#
suzuki ecstar,
#
alex rins,
#
joan mir,
#
davide brivio