MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak Tampilan KTM 1290 Super Duke RR Limited Edition

JUN 06, 2021@13:00 WIB | 285 Views

KTM meningkatkan kelasnya dalam produksi motor, dengan mengeluarkan the state of the art 1290 Super Duke RR. Mengambil desain yang sudah ada, mengurangi beratnya, serta meningkatkan segala aspek bagian elektroniknya.

Hal pertama yang bisa terlihat adalah hampir semua bagian yang bisa diganti menjadi serat karbon, sekarang sudah benar benar terlapisi dengan serat karbon. Dari mulai fairing, the chain guard, the mudguard, the brake ducts, the undertray – sampai ke ignition lock. Unit dudukan jok pengendara yang berbahan dasar plastik yang mewah pada versi R standar telah diganti dengan unit dudukan jok berbahan karbon, yang beratnya hanya 800g.

Ada machine triple clamps baru yang menghemat berat sekitar 320 g, dan ada velg tempa baru yang menghemat sekitar 1,5 kg, dan baterai baru yang turun beratnya sekitar 2,5 kg lagi. Hasilnya adalah motor yang lebih mirip motor konsep daripada motor untuk produksi secara massal dan bahkan beratnya 9 kg lebih ringan dari model standar.

KTM mengatakan mereka bisa “bermain” lebih jauh dengan velg tetapi mantan pembalap MotoGP, Jeremy McWilliams, menyarankan untuk tidak melakukannya karena dia khawatir KTM tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari roda dan velg tersebut ke kinerja sasis.

Selain pemangkasan berat yang dilakukan oleh KTM, beberapa bagian lain juga sudah ditingkatkan, misalnya saja. Suspensi WP standar telah diganti dengan komponen level Apex Pro, kemudian di bagian depan, Super Duke RR sudah dipasangi Apex Pro 7548 closed cartridge forks sementara di bagian belakang ada shock Apex Pro 7746 yang dapat disesuaikan panjangnya untuk melewati tikungan lebih tajam. Ada juga peredam kemudi dari Apex Pro 7117 yang dapat disesuaikan. Pada bagian ban KTM mempercayakan Michellin sebagai pilihan dengan memasang ban Michelin Power Cup 2.

Tidak hanya sampai di situ, selain hampir semua dilapisi serat karbon, RR tampil dengan kontrol yang dapat disesuaikan, slip-on titanium Akrapovic, dan quick-action throttle/gas spontan. Selain itu ada beberapa perubahan pada bagian elektronik, termasuk pengurangan intervensi kontrol traksi di semua mode. Mode sport telah diganti dengan 'Performance', yang memungkinkan Anda bermain-main dengan TC dan pengaturan throttle, serta memulai kontrol menyalakan mesin juga menonaktifkan anti-wheelie.

Jika kalian ingin mendapatkan kuda besi ‘gila’ ini, anda harus bergerak cepat, KTM hanya memproduksi sebanyak 500 unit saja secara global, dengan banderol harga £21.499 atau sekitar Rp 500 Juta ‘saja’, pasti akan terjual dengan cepat. [era/asl/timBX]

Spesifikasi KTM 1290 Super Duke RR:

- Engine: 1301cc V-twin

- Power: 177bhp

- Torque: 103lb.ft

- Seat height: 837-847mm

- Weight: 180kg 

- Price: £21,499

Tags :

#
ktm 1290 super duke rr limited edition,
#
ktm 1290 super duke rr,
#
ktm 1290,
#
ktm,
#
sepeda motor