MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak Kembali Corvette Mako Shark, Mobil Jempolan Pada Masanya

JAN 05, 2021@08:30 WIB | 167 Views

Mako Shark, juga dikenal GM sebagai XP-755, dirancang untuk membuat mobil lain malu pada saat itu. Pada 1953, General Motors (GM) memasukkan All-American Corvette mereka ke dunia mobil sport, dan Chevy yang ikonik menjadi sangat disukai sejak itu.

Perusahaan otomotif ini dikenal menciptakan konsep mobil untuk meningkatkan kesadaran dan menarik konsumen. Ini memberi tim desain kesempatan untuk memamerkan setiap atribut yang menarik secara visual dari kendaraan tertentu. Dengan kesempatan konsep yang ditawarkan kepada para desainer, Corvette Mako Shark, dirancang sebagai mobil jempolan untuk membuat mobil lain minder.

Hiu Mako Sirip Pendek adalah spesies tercepat di lautan dan di antara semua ikan. Gigi mereka yang tajam dan kemampuan berenang hingga 45 mil per jam menjadikan hiu Mako salah satu predator laut yang paling ganas.

Ajaibnya, Bill Mitchell, salah seorang desainer konsep, menangkap hiu Mako dan memasangnya di kantornya. Ini kemudian menjadi pemicu desain Corvette baru, yang dikerjakan Bill Mitchell bersama rekannya Larry Shinoda.

Pemikian inovatif ini bertekad untuk menciptakan sesuatu yang baru bagi konsumen dan keluarga GM. Mereka membuat desain umum dan fondasi Chevrolet Corvette selama beberapa generasi setelah generasi kedua. Penggemar memuji konsep Mako Shark 1961 yang diiklankan, untuk memberikan gambaran tentang model Corvette 63'.

Bagian depannya yang luar biasa tajam namun cantik tidak mungkin diabaikan. Pipa header dan knalpot yang mengkilap dikeluarkan dari samping mobil, bukan dari belakang. Mobil konsep Corvette ini pun pernah menjadi lambang mobil sport Amerika di tahun 1960-an.

Konsep Mako 1961 awalnya diproduksi tanpa pembangkit tenaga listrik dan dimaksudkan untuk tampilan saja. Namun, konsep Mako Shark II 1965 dilengkapi dengan mesin ZL1 V8 Chevy yang sangat bertenaga. Motor 427 kubik inci terdiri dari blok aluminium, intake manifold, dan kepala. Menciptakan sekitar 425 tenaga kuda, Chevy ZL1 adalah pembangkit tenaga listrik yang sempurna untuk Mako Shark.

Meski bukan yang tercepat pada masanya, Mako Concept merupakan mobil sport Amerika dengan kecepatan tertinggi 120 mil per jam. Dengan kecepatan kilat, dan polesan cat putih biru tua yang mengkilap, nama mobil ini memang sesuai.

Tak pelak, karena permintaan populer, ZL1 lalu dimasukkan ke dalam Mako Shark I seiring berjalannya waktu. Kendaraan langka ini sulit ditemukan, dan jika pemiliknya tertarik untuk menjual, harga yang diminta bisa sangat mahal.

Mobil konsep Mako asli berada di GM Heritage Center yang terletak di Sterling Heights, Michigan, bersama dengan fenomena otomotif GM lainnya. Konsep Corvette Mako Shark dari Chevy mungkin adalah Corvette yang paling dicari dari semuanya. Dengan gaya inovatif dan karakteristik yang memikat, Mako Shark akan selamanya melegenda. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
corvette mako shark,
#
corvette,
#
mako shark,
#
general motors,
#
mobil sport