MENU
icon label
image label
blacklogo

Saatnya Memiliki McLaren F1 Dalam Kondisi Baru

OCT 19, 2017@10:00 WIB | 380 Views

Silahkan membentuk dua antrian yang teratur. Antrian di sebelah sini, untuk orang-orang yang menganggap bahwa menyimpan McLaren F1 baru yang masih dibungkus plastik pabrik untuk mempertahankan kondisi asalnya adalah hal yang tak ternilai harganya. Dan antrian di sebelah sana, untuk semua orang yang menganggap ini adalah pemborosan besar dari salah satu mobil super hebat sepanjang masa. Senang? Oke, mari kita pilah hal ini.

Di sini kita memiliki McLaren F1 rakitan tahun 1996, dicat warna Dandelion Yellow. Pada nomor sasis F1 tertulis angka 060 (dari 64 unit yang dirakit), namun ternyata ini adalah mobil ke-47 itu berhasil dirakit. Disuplai untuk seorang kolektor Jepang, pembelinya meminta pencipta F1, Gordon Murray, menulis namanya di bagian buritan sebelum tulisan itu dipernis. Menjadikan tanda tangan itu bagian dari karya seni. Dengan mesin V12 berdaya 627bhp di belakang.

Bukan berarti mesin itu tidak pernah bernyanyi, ingat ya. Pada odometer F1 ini hanya 239 km, dan semua itu diduga hanya hasil dari pengujian pabrik setelah mobil selesai dirakit. Sang pembeli sepertinya mengambil sendiri supercar berlapis emas senilai jutaan dolar itu - mobil super tercepat di dunia pada saat itu - dan mendiamkannya, tidak pernah dikemudikan.

Dengan F1 tersebut siap dilepas bila ada yang berani menawar dengan harga lebih dari £ 8 juta, sang pemilik Jepang sepertinya telah memutuskan sekarang adalah waktu yang tepat untuk berpisah dengan F1 060, yang dijual melalui diler supercar Inggris, Tom Hartley Jnr.

Penjualan mencakup tidak hanya mobil yang sanggup berlari hingga 350 kpj ini saja. Anda akan diberikan tiga tempat duduk dan sasis karbon yang masih terbungkus kertas, (ditambah kemudi cadangan yang kemungkinan tidak pernah disentuh oleh tangan manusia), namun juga seperangkat alat perkakas, dua kunci, buku manual dengan diagram yang digambar tangan, bahkan jam Tag Heuer edisi terbatas dengan nomor seri yang sesuai dengan tanggal pembelian F1. Plastik penutupnya pun tidak pernah dilepas. Tidak pernah dipakai.

McLaren Special Operations sekarang bertugas merawat semua F1, memastikan perangkat lunak komputer mereka yang menua dapat dioperasikan, dan memperbaiki isi perut yang sangat mahal. Jadi, siapa pun yang menghabiskan angka delapan digit pada saat ini - McLaren ini bisa dengan segera dikemudikan untuk menggandakan jarak tempuhnya layaknya mobil baru. [bil/timBX]

Tags :

#
mclaren f1,
#
f1,
#
supercar,
#
blackauto,
#
autonews