MENU
icon label
image label
blacklogo

Renault Triber Resmi Diperkenalkan ke Media, Ini Fitur Unggulannya

JUL 12, 2019@20:00 WIB | 1,571 Views

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) kemarin (12/7) secara resmi memperkenalkan  Renault  Triber  sebagai  mobil Ultra  Modular  7 seater yang  siap  meramaikan  pasar  otomotif  Indonesia. Memiliki desain yang atraktif, kokoh, lapang dan modular atau dapat di atur menjadi  5 seater maupun 7 seater dengan mudah,  Renault  Triber  menjawab  kebutuhan  konsumen  Indonesia  untuk memiliki mobil yang mampu mengakomodasi dan memberikan kenyamanan kepada satu hingga tujuh orang penumpang dengan panjang mobil kurang dari empat meter. Kehadiran Renault Triber  ini menjadi bukti keseriusan  dan komitmen MRI dalam membangun bisnis Renault di Indonesia.

Davy  J  Tuilan,  COO  PT  Maxindo  Renault  Indonesia  mengatakan “Kehadiran  Renault  Triber  di  Indonesia  dapat  menjawab  kebutuhan  masyarakat  Indonesia  untuk  memiliki  kendaraan  yang  dapat  memberikan  kenyamanan  kepada  satu  hingga  tujuh  orang  penumpang.  Kata  Triber  berasal  dari  kata  “Tribe” yang memiliki arti “Komunitas” dimana sangat menggambarkan karakter masyarakat Indonesia yang memiliki kesamaan dalam kebersamaan.”

Dimesinya cukup berbeda dari competitor. Renault Triber memiliki wheelbase 2636 mm, dengan panjang mencapai 3990 mm dan lebar 1739. Secara prosentase rasio lebar terhadap panjang mobil diangka 43%, itu menandakan prosentase yang cukup baik menyamai mobil sportscar seperti ferrari 488, aston martin DB11.  Chief desainer dari desain renault triber mengklaim bahwa Triber dengan ukuran hampir 4 meter menjadi 7 seater terbaik.

Desain interior Renault Triber yang modern merepresentasikan teknologi terdepan dengan sistem hiburan berlayar  sentuh  ukuran  8  inci  yang  sudah  dilengkapi  dengan  fitur  Apple  CarPlay  dan  Android  Auto.  Kendaraan   ini   juga   memberikan   kenyamanan   dan   fleksibilitas   terbaik   di   kelasnya untuk dapat  mengakomodasi satu hingga tujuh orang dengan memberikan jarak baris depan (710mm), ruang kaki baris  kedua  (hingga  200mm),  dan  ruang  kaki  terbaik  untuk  baris  ketiga  (91mm) dengan socket charging dan pendingin  udara  untuk  penumpang  di  setiap  baris  sehingga  memberikan kenyamanan  yang  merata dimanapun  penumpang  duduk. 

Renault Tribber  mengambil filosofi desain dan teknologi yang bisa digunakan untuk semua kemungkinan. Dengan cukup konfiden Renault bakal menarik konsumen di 4 market sekaligus seperti LCGC 5 seater sebesar 10%, LCGC 7 seater sebesar 11%, hatchback  5% dan low MPV sebesar 24%.  Hal itu didukung oleh Sistem Easy  Fix, yang memungkinkan  penanganan  mudah  dalam melepaskan  kursi  independen  pada  baris  ketiga untuk  menambah  kapasitas  bagasi  menjadi  625  liter.

Renault Triber menawarkan lebih dari 100 konfigurasi tempat duduk berbeda. Renault Triber  dilengkapi  dengan  mesin  bensin  tiga silinder  berkapasitas  1,0  liter  yang  mampu  memberikan daya hingga 72 hp dengan torsi puncak sebesar 96 Nm.  Transmisi yang ditawarkan adalah  transmisi  manual  lima  percepatan  dan  automated  manual  transmission  (AMT) lima percepatan. 

Renault cukup percaya diri menggunakan mesin 1 liter yang juga digunakan oleh Renault Clio. Dibagian grille  yang futuristic ada fitur air scoop, yang berfungsi memudahkan angin masuk ke air intake. Sehingga jumlah oksigen lebih banyak dalam ruang bakar, dengan komposisi udara dingin lebih padat 120% dari udara panas. Hal itu mendorong mesin 1 liternya memang cukup efektif meski dengan beban banyak sekalipun. Fitur mesinnya memiliki variable oil pump untuk memudahkan gerakan mesin. Karena disaat mesin butuh bekerja lebih keras, kehadiran oli kadang mengganggu kinerjanya.

Sektor keamanan, Renault Triber dilengkapi dengan empat airbags dan sabuk pengaman pada semua baris yang dilengkapi  dengan retractor dan pretensioner untuk  pengemudi. Serta didukung sensor  parkir  dan  sistem  peringatan kecepatan. Paling keren adalah system keamanan key less ignition dan start button yang cukup premium. Cukup hanya mengantongi, pengemudi bisa masuk dan keluar bebas tanpa khawatir mobil sudah terkunci atau belum.

“Renault Triber memiliki fitur yang  “Indonesia banget”, seperti adanya socket charging setiap baris, kursi pada  baris  kedua  dapat  diluncurkan,  disandarkan,  dilipat  dan  dimiringkan untuk  menambah  kapasitas bagasi  yang  dapat  digunakan  untuk  membawa  barang lebih  banyak  seperti  setelah  belanja  atau  saat dipakai untuk bepergian jarak jauh,” tambah Davy.

Renault Triber juga akan dipamerkan di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto show (GIIAS) 2019 tanggal  18 – 28  Juli  2019  di  ICE  BSD  mendatang.  Renault  akan  mengisi  booth  5B  di  hall  5,  dengan menghadirkan  mobil  unggulan  Renault  lainnya  dan  dapat  juga  digunakan  untuk Test  Drive agar pengunjung dapat merasakan secara langsung dalam mengendarai Renault.

Soal harga  memang belum bisa dipastikan karena harus memastikan ongkos produksi, harga perfitur dan komparasi dengan kompetitor. Aliansi Global antara Nissan, Renault dan Mitsubishi tidak mudah diputuskan karena harus banyak diskusi di tingkat aliansi global.

“Saat ini yang kami pamerkan adalah versi tertinggi Triber, dan statusnya sebagai production trial (PT) karena sebagai unit yang dikerjakan secara cepat untuk mengejar pameran di GIIAS 2019.  Kemungkinan besar kami akan menjual 50% manual dan 50% automatic. Belum ada kepastian harga, meski baru pada 16 Juli nanti kepastian indennya,” tutup Davy. [Ahs/timBX]





 


 

Tags :

#
renault,
#
maxindo renault indonesia,
#
renault triber,
#
giias 2019