MENU
icon label
image label
blacklogo

Replika Toyota 2000GT Ini Mengadopsi Mesin 2JZ

JAN 18, 2022@17:00 WIB | 171 Views

Toyota 2000GT, seperti halnya GR Supra, adalah mobil dari merek yang dicintai banyak orang dan tetap menjadi ikon abadi. Mengingat hanya 337 unit produksi yang dirakit, hingga cukup sulit didapat. Jika Anda kebetulan menemukan daftarnya, jangan berharap untuk membayar kurang dari $900.000 atau setara dengan Rp 13 miliar. Untungnya, bagi penggemar yang tidak bisa melepaskannya, sebuah perusahaan di Jepang bernama Rocky Auto sedang mengembangkan replika yang disebut 3000GT.

Misi mereka adalah untuk mereproduksi mobil terkenal dengan teknologi modern agar para penggemar dapat menikmatinya dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari aslinya. Proyek ini diawasi oleh Hiroshi Hosoya yang berpartisipasi dalam Grand Prix Jepang pertama pada tahun 1963 sebelum menjadi pembalap profesional untuk Toyota di mana ia memiliki andil dalam mengembangkan model aslinya.

Replika Toyota 2000GT akan menggunakan mesin 2JZ 3.0 liter enam silinder tanpa turbocharging yang terkenal dari Toyota. Sebagai alternatif, pembeli dapat menentukan mesin drivetrain Prius jika Anda ingin menjaga lingkungan dengan penuh gaya. Sasis juga akan mendapat manfaat dari suspensi yang lebih modern dan fitur kenyamanan seperti AC dan power steering. Dimensi kreasi baru ini tidak akan sesuai dengan model aslinya karena penyesuaian serta standar keselamatan saat ini untuk mobil produksi.

Di dalam kabin, radio dan kluster instrumen zaman modern digabungkan dengan panel interior kayu dan pelapis kulit. Tuas rem tangan juga telah diganti dengan rem kaki seperti yang masih Anda temukan di beberapa mobil Toyota. Untuk menambah kenyamanan, pengemudi juga bisa mengatur kemiringan setir.

Rocky Auto memastikan 3000GT-nya dilengkapi dengan transmisi otomatis empat kecepatan yang akan menyalurkan tenaga ke roda belakang. Sebagai penghenti gerak di kaki-kaki disediakan satu set cakram rem depan dan belakang.

Kembali pada tahun 1967, Toyota harus melepas atap 2000GT untuk James Bond: You Only Live Twice agar Sean Connery bisa muat di kabin. Dengan tinggi 6,2 kaki, dia agak terlalu tinggi untuk naik ke model hardtop. Meskipun tim menciptakan desain yang menakjubkan, model atap terbuka ini tidak pernah dibawa ke produksi.

Rocky Auto mengatakan, atas permintaan mereka dapat menerapkan style bodi ini ke replikanya, menciptakan Toyota yang setara dengan Eagle Spyder GT E-Type yang mencolok. Untuk harga akan dipatok sekitar $200.000 (Rp 2,9 miliar), menjadikannya lebih bertenaga tetapi jauh lebih murah daripada 2000GT asli. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota 2000gt