MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: 2021, MotoGP Ubah Jadwal Balapan di Phillip Island

NOV 06, 2019@18:00 WIB | 1,653 Views

Phillip Island akan pindah di urutan paling awal dalam kalender MotoGP 2021. Hal ini dilakukan penyelenggara seri tersebut (Dorna) sebagai upaya mendapatkan cuaca yang lebih baik saat balapan di tempat tersebut.

Berlangsungnya balapan di Phillip Island musim semi yang memiliki cuaca dingin dan berangin membuat jadwal bulan Oktober menuai cukup banyak kritikan dari paddock MotoGP. Para pembalap unggulan menyerukan perubahan tanggal untuk tahun-tahun berikutnya.

Balapan di Phillip Island bulan lalu sangat dipengaruhi cuaca. Saat itu, kualifikasi ditunda hingga Minggu pagi setelah angin kencang yang membuat Miguel Oliveira terjatuh dari motornya ketika menjalani FP4.

Pergeseran jadwal ke awal musim pun sebenarnya telah lama menjadi pilihan Dorna, namun ide tersebut beberapa kali mendapat pertentangan dari Australian Grand Prix Corporation, yang lebih memilih untuk menghindari dua peristiwa penting (balapan Formula 1 Albert Park dan balapan MotoGP Phillip Island) berjalan dalam waktu berurutan.

Namun, tampaknya Dorna akan membuat upaya baru demi mendapatkan perubahan jadwal yang efektif. Tanggal akhir Oktober ditetapkan untuk tetap dilangsungkan pada 2020 sebelum pindah ke bulan Maret atau April pada 2021.

"Kami menilai kemungkinan untuk memajukan tanggal pada 2021," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. "Hal itu masih menjadi kemungkinan, meskipun belum dikonfirmasi secara resmi."

Di sisi lain, seorang juru bicara AGPC mengatakan bahwa tidak ada pendekatan formal tentang perubahan untuk 2021, "Kami tidak mendengar apa pun tentang hal itu, dan dengan kalender 2020 sudah dikonfirmasi, kami ingin memberikan acara besar berikutnya pada bulan Oktober."

Jika perubahan berlanjut, itu akan menjadi hasil yang populer untuk kelompok pembalap yang kehilangan harapan bahwa itu tidak akan terjadi.

"Setiap tahun kami berbicara tentang hal yang sama karena kami (pembalap), memberikan pendapat tentang apa yang akan lebih baik dari sudut pandang olahraga," kata Andrea Dovizioso.

"Kami bisa mendapat keuntungan dan mendapatkan hari yang cerah (pada bulan Oktober), tetapi sebagian besar waktu itu [tanggal balapan bertepatan dengan] kondisi yang buruk. Masalahnya kami tidak memiliki kekuatan untuk memaksakan kondisi mengahadapi suatu perubahan."[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
kalender balap 2021,
#
andrea dovizioso,
#
phillip island