MENU
icon label
image label
blacklogo

Model Terbaru Renault, Nissan, dan Mitsubishi Akan Diluncurkan Hingga 2026

FEB 09, 2023@18:30 WIB | 612 Views

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi menjadi lebih kuat dan lebih fokus setelah ketiga perusahaan mengumumkan program restrukturisasi dan rencana baru untuk masa depan yang melibatkan beberapa proyek bersama bernilai tinggi di Amerika Latin, India, dan Eropa.

Dimulai dengan perubahan struktural, Renault akan secara drastis mengurangi kepemilikannya di Nissan dari 43% menjadi 15%. Jumlah ini sesuai dengan saham Nissan di Renault, menghasilkan kemitraan yang seimbang. Selanjutnya, Nissan akan berinvestasi dalam usaha EV dan Perangkat Lunak Renaut yang disebut Ampere, dengan kepemilikan saham hingga 15%.

Mitsubishi juga mempertimbangkan untuk berinvestasi di Ampere, sementara kedua perusahaan akan menjadi pelanggan dalam proyek Grup Renault untuk ICE rendah emisi dan powertrains hybrid. Last but not least, ketiga anggota Aliansi akan berkolaborasi dalam pengembangan teknologi termasuk baterai solid-state, kendaraan yang ditentukan perangkat lunak dan kemudi otonom.

Kesepakatan final diharapkan tercapai pada kuartal pertama 2023 dan penyelesaian pada kuartal keempat 2023 setelah persetujuan. Renault dan Nissan berjanji untuk menyeimbangkan, menghilangkan risiko, dan meningkatkan operasi mereka di Amerika Latin. Berita besarnya adalah untuk pertama kalinya dalam dua dekade, model Renault akan diproduksi secara lokal di Meksiko. Model tanpa nama ini akan diproduksi oleh Nissan, sementara segmen dan bodystyle belum diumumkan.

Aliansi ini juga mengumumkan proyek pickup setengah ton baru yang akan dikembangkan oleh Grup Renault dan akan diproduksi di Cordoba, Argentina. Baik Renault dan Nissan akan meluncurkan pikap kecil mereka sendiri, ditempatkan di bawah model Nissan Frontier / Renault Alaskan. Proyek pikap dinilai berhasil, sehingga pengembangan akan terus berlanjut ke depannya.

Selanjutnya, Nissan dan Renault sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan dua EV yang terkait erat di Amerika Latin. Model EV ini akan diposisikan di segmen city car (A-Segment) dan ditopang oleh arsitektur CMF-AEV.

Luca de Meo menggambarkan India sebagai "salah satu pasar terpenting di dunia", dengan Renault dan Nissan mengejar hubungan yang lebih dekat sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan keuntungan. Pembuat mobil akan menawarkan kendaraan yang lebih besar di India, dan semuanya akan didukung oleh arsitektur Renault. Di antara beberapa proyek kendaraan baru tersebut akan ada SUV, termasuk Renault Triber versi Nissan. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
renault,
#
nissan,
#
mitsubishi