MENU
icon label
image label
blacklogo

Minggat Dari Rusia, VW Menjual Semua Propertinya

MAY 23, 2023@15:30 WIB | 151 Views

Volkswagen telah mengikuti banyak pabrikan mobil Barat lainnya dan secara resmi ditarik dari pasar Rusia dengan menjual semua saham anak perusahaannya di Rusia serta pabrik besarnya.

Pabrikan mobil Jerman itu membuat kesepakatan dengan dealer yang berbasis di Moskow dengan nama Avilon. Harga penjualan resmi belum diumumkan tetapi laporan menyatakan Avilon membayar sekitar 125 juta euro (sekitar Rp 2 triliun) untuk mengakuisisi operasi VW di Rusia dan pabriknya di kota barat Kaluga yang memiliki kapasitas cukup untuk membangun 225.000 kendaraan per tahun.

Volkswagen hanya merilis siaran pers yang sangat singkat tentang kesepakatan itu dan menyatakan bahwa hal tersebut telah disetujui oleh otoritas pemerintah Rusia dan juga mencakup struktur importirnya (bisnis distribusi dan purna jual) serta aktivitas pergudangan dan layanan keuangan dengan semua karyawan terkait.

New York Times melaporkan bahwa Volkswagen menghabiskan €774 juta (Rp 12,4 triliun) untuk membangun pabrik Kaluga dan dibuka pada tahun 2007 sebelum mencapai produksi skala penuh pada tahun 2009. VW menghentikan operasi di lokasi tersebut tidak lama setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Sekitar 4.000 karyawan di pabrik tetap digaji sejak menunggu informasi tentang masa depan perusahaan di Rusia.

Menurut beberapa pakar industri, banyak perusahaan besar menunggu selama beberapa bulan sebelum memutuskan untuk keluar dari Rusia mengingat banyak dari mereka menghabiskan waktu puluhan tahun untuk membangun rantai pasokan di seluruh negeri.

Produsen mobil yang beroperasi di Rusia telah mempekerjakan 300.000 orang pada tahun 2021 serta 3,5 juta orang di industri terkait. Sejak eskalasi konflik negara dengan Ukraina, produksi otomotif lokal anjlok hingga 77 persen dengan banyak produsen mobil besar menarik diri sepenuhnya dari pasar.

Tidak jelas apakah kesepakatan Volkswagen dengan Avilon mencakup klausul yang memungkinkannya kembali ke Rusia. Renault mencapai kesepakatan untuk menjual 68% sahamnya dengan pembuat mobil Rusia AvtoVAZ tahun lalu hanya dengan 1 rubel, tetapi kesepakatan tersebut mencakup opsi untuk melanjutkan bisnis di masa depan. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
vw,
#
volkswagen